Plt Gubernur Launching Indonesia Jepang Bussines Forum and Exhibition

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, melaunching Indonesia-Japan Bussines (IJB) Forum, di Hotel Grand Claro Makassar, Kamis, 25 Maret 2021.

Dalam sambutannya, Plt Gubernur menyampaikan, pelaksanaan expo ini menjadi jembatan bagi Sulsel dan Jepang untuk bekerjasama dalam bidang investasi.

Menurutnya, ada tiga sektor yang menjadi minat Jepang untuk berinvestasi di Sulsel, dan itu segaris dengan catatan yang ada di Badan Pusat Statistik (BPS). Ketiganya yakni sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan.

"Mereka tertarik dengan sektor-sektor yang banyak share-nya di Sulawesi Selatan untuk pertumbuhan ekonomi, yaitu sektor pertanian, kemudian perikanan, dan sektor kehutanan," jelasnya.

Seperti halnya di sektor pertanian, Plt Gubernur mengatakan, Jepang memiliki teknologi yang kuat, sementara Sulsel memiliki potensi lahan yang luas untuk dimanfaatkan, baik itu lahan hujan maupun lahan tidur.

Sehingga, lanjut Andi Sudirman, itu menjadi peluang bagi para petani di Sulsel untuk mendapatkan penghasilan lebih, karena tidak hanya mendapat keuntungan dari pemanfaatan lahan, petani juga akan diberdayakan untuk pengelolaan pertanian.

"Dari sektor pertanian ini, Jepang itu berminat bagaimana membuat tata kelola korporasi didalam sistem pertanian kita yang sistemnya adalah sistem sharing stakeholder dengan para petani kita sebagai pemilik lahan," ungkapnya.

Apalagi, kata Plt Gubernur, ada banyak lahan milik Sulsel yang bisa dimanfaatkan oleh para investor dari Jepang, baik itu lahan tidur maupun lahan tadah hujan. Khusus lahan tadah hujan saja, ucap Andi Sudirman, Sulsel memiliki sekitar 250 ribu hektar lahan dari sekitar 1 juta hektar lahan tadah hujan. Sementara Jepang diakui memiliki teknologi yang sangat kuat.

  • Bagikan