Putus Rantai Covid-19, Masyarakat Antusias Ikut Vaksinasi Kerjasama Tzu Chi-Pemkot Makassar

Sabtu, 27 Maret 2021 18:53

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar bekerja sama dengan pemerintah kota (Pemkot) Makassar, dalam menyelenggarakan program vaksinasi masyarakat untuk lansia dan relawan yayasan buddha tzuchi, mulai Kamis-Selasa (25-31 Maret 2021).

Dengan tema ‘Mari Sukseskan Program Makassar Recover, Masyarakat Sehat Ekonomi Bangkit.’ Proses vaksinasi ini dilaksanakan di Hotel Makassar Golden Hotel (MGH), Jalan Penghibur.

Kegiatan dimulai pukul 8.00 Wita, para peserta pun mulai berdatangan sesuai jadwal yang sudah ditentukan untuk mereka saat proses pendaftaran sebelumnya di Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi, Jalan Ahmad Yani.

Peserta yang datang lalu diarahkan untuk memperlihatkan scan barcode yang sudah ada di handphone masing-masing. Kemudian menuju meja untuk registrasi dan pengecekan data kembali. Tahap selanjutnya, peserta di skrining dengan pemeriksaan tekanan darah, suhu, dan dipertanyakan riwayat dan kesiapannya.

Setelah itu, barulah peserta disuntik vaksin. Usai vaksin, peserta diarahkan untuk tahap observasi selama 30 menit. Jika merasa baikan maka akan diarahkan untuk pulang. Jika ada gejala tertentu maka dinas kesehatan juga telah hadir untuk mengawasi dan melakukan tindakan medis.

Koordinator kegiatan vaksin Yayasan Buddha Tzu Chi, Henny Laurence mengatakan, untuk pendaftaran peserta sudah dimulai seminggu sebelum kegiatan. Cukup dengan membawa KTP, hingga sekarang, peserta sudah mencapai 10 ribu orang.

“Jadi pelaksanaan vaksin dibagi setiap hari menjadi 600-650 orang perhari selama tiga hari. Karena sampai saat ini masih ada yang datang mendaftar,” katanya.

Henny mengungkapkan, ada lima puskesmas yang datang membantu, di antaranya Puskesmas Cendrawasih, Puskesma Pacerakang, Puskesmas Merdeka, Puskesmas Tamalanrea, dan Puskesmas Tabaringan.

Menurutnya, vaksinasi ini bertujuan untuk membentuk kekebalan dan munurunkan angka covid-19. Ia berharap dengan adanya proses vaksin dapat melindungi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia.

Komentar

VIDEO TERKINI