Ini Pesan Kakanwil Kemenkumham Sulsel Kepada Para Kalapas atau Karutan di Sulsel

Senin, 29 Maret 2021 21:48

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto gelar Rapat Virtual dengan Kepala Unit Pelaksana Teknsi (UPT) Pemasyarakatan se-Sulsel, Senin (29/3/2021).

Mengawali arahannya, Harun minta kepada para KaLapas, KaLPKA, KaRutan, KaBapas dan KaRupbasan agar meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan keamanan pada lingkungan kerja dan perumahan dinas.

“Lakukan langkah pencegahan melalui pemeriksaan terhadap tamu dan masyarakat yang datang, dengan kewaspadaan tinggi, dan jalin koordinasi dengan TNI/Polri,” Kata Harun.

Kakanwil Harun juga minta agar KaLapas/Rutan se-Sulsel tetap menjaga stabilitas Keamanan dan Ketertiban serta cegah adanya pelarian. “Jangan ada pelarian Napi/tahanan, cegah peredaran gelap narkotika , hp ilegal dan Pungutan Liar,” pintanya.

Menjelang bulan puasa Ramadhan, Harun minta kepada para Kalapas /Ka.Rutan untuk memperbanyak pembinaan kepribadian kepada warga binaan, memperhatikan kualitas menu berbuka dan sahur, memfasilitasi ibadah tarawih di dalam blok hunian, dan mempersiapkan usulan remisi Idultiri .

“Selain itu, tetap mengedepan kan protokol kesehatan dengan mencuci tangan, menggunakan masker, mencegah kerumunan, meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga jarak,” Ungkap Kakanwil.

Sementara Kepala Divisi Pemasyarakatan, Edi Kurniadi juga mengimbau jajaran KaLapas/Rutan untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

“Jangan terpancing dengan isu-isu yang ada di luar. Fokus pada kinerja di lingkungan UPT masing-masing. Jangan sebarkan berita hoax yang dapat meresahkan masyarakat,” Ungkap Edi.

Ia juga meminta agar Lapas dan Rutan tetap dalam keadaan kondusif menjelang bulan ramadhan dengan melakukan antisipasi terkait hal – hal yang dapat menimbulkan gangguan Keamanan dan Ketertiban.

“Tanamkan motto waspada jangan-jangan terhadap diri petugas pemasyarakat. Kepala UPT harus sering memberikan penguatan kepada jajarannya dengan membekali petugas dengan teknik dan Sop Dasar,” Kata Edi.

Komentar

VIDEO TERKINI