Antisipasi Kelangkaan Sembako, Disdag Mulai Operasi Pasar Pekan Ini

Selasa, 30 Maret 2021 18:28

Suasana lapak penjualan cabai di Pasar Terong, Kota Makassar. Saat ini harga cabai semakin tak terkendali, padahal stok di pasar cukup melimpah. (Nurhadi/fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Antisipasi kenaikan harga sembako jelang bulan Ramadan mulai dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Operasi pasar akan dimulai pekan ini.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar, Andi Muh Yasir mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Bulog terkait ketersediaan sembako.

Menurut Yasir, bahan pokok yang menjadi perhatian dalam operasi pasar kali ini adalah cabai merah. Bagaimana tidak, harganya terus menunjukkan kenaikan belakangan ini.

“Minggu ini mungkin kita sudah mulai operasi pasar, utamanya cabe. Kita baru mau koordinasi dengan Bulog. Bulogkan pengadaan cabe,” ujar Yasir, Selasa (30/3/2021).

Yasir menambahkan, harga bahan pokok di pasar cenderung terkendali. Hanya cabai merah yang mengalami kenaikan akibat kelangkaan. “Yang jelas ada kenaikan signifikan itu cabe yang lain masih terkendali,” jelasnya.

Ia memastikan, stok sembako seperti gula pasir, minyak goreng tidak akan terganggu jelang ramadan ini. Apalagi distribusi tergolong lancar. “Kalau sembako kan gula pasir, minyak goreng, itu ada distributornya, insyaAllah aman, kita tanya ketahanan pangan,” pungkas Yasir. (ikbal/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI