Ilham Azikin – BPBL Ambon Ingin Kembangkan Potensi Rumput Laut dan Ikan Hias untuk Nelayan Bantaeng

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID. AMBON – Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin melakukan kunjungan kerja di Ambon, Maluku, Selasa (30/3). Kunjungan kerja yang diawali proses protokol kesehatan yang ketat ini difokuskan untuk peningkatan produksi kelautan masyarakat Bantaeng.

Kunjungan kerja diawali dari kantor Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon. Di sini, Ilham Syah Azikin beserta sejumlah rombongan dari dinas Kelautan dan Perikanan Bantaeng melihat proses budidaya ikan laut dan pembenihan rumput laut.

Di tempat ini, pembenihan rumput laut dilakukan dengan proses kultur jaringan. Sehingga, benih rumput laut yang diproduksi adalah benih generasi nol (G-0) yang tahan terhadap hama dan memiliki kualitas yang baik.

Kepala BPBL Ambon, Nur Muflich Yuniyanto mengatakan, BPBL Ambon membutuhkan waktu sekitar 11 bulan untuk memproduksi benih rumput laut berkualitas. Dia mengaku siap untuk membantu Pemkab Bantaeng untuk mengembalikan kejayaan rumput laut Bantaeng.

Dia menyebut, ada beberapa metode untuk mengembalikan kejayaan rumput laut Bantaeng. Salah satunya adalah mengambil sampel rumput laut lokal untuk dikembangkan melalui kultur jaringan.

“Karena ternyata setiap rumput laut memiliki habitat yang berbeda-beda. Misalnya, rumput laut lokal Bantaeng belum tentu bisa berproduksi subur di perairan Makassar,” jelas dia.

Dia menambahkan, BPBL Ambon juga memberikan peluang kepada Pemkab Banteng untuk dilatih budidaya laut. Mulai dari budidaya lobster, ikan Bobaea hingga kakap putih.

“Kami terbuka kepada Pemkab Bantaeng untuk memberikan edukasi kepada nelayan di Bantaeng,” kata dia.

  • Bagikan