Ketua IKADI Makassar Sebut Doktrin Radikalisme Adalah Hasil Pola Belajar yang Salah

  • Bagikan

Oleh sebab itu, ia menyarankan semua elemen anak bangsa harus selalu menyebarluaskan wawasan kebangsaan 4 Pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Paham kebangsaan ini jangan hanya jadi kewajiban DPR dan MPR, tapi kewajiban semua mensosialisasikannya. Paham ini harus masuk ke rumah ibadah agama manapun, kampus-kampus, lembaga pendidikan dasar.

"Kalau 4 Pilar ini selalu digaungkan maka masyarakat utamanya anak muda akan bangkit semangat kebangsaannya," pungkasnya.

Diketahui, insiden bom bunuh diri itu terjadi di depan Gereja Katedral Makassar, Jalan Kajaolalido, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Minggu, sekitar pukul 10.28 WITA.

Dentuman bom berjenis daya ledakan tinggi atau high explosive tersebut terjadi setelah kegiatan Misa Minggu Palma, yang diikuti oleh jemaat gereja dengan jumlah terbatas dengan mematuhi protokol kesehatan.

Peristiwa berdarah ini sampai sekarang tercatat mengakibatkan dua orang yang diduga pelaku bom bunuh diri tewas.

Sementara, korban yang mengalami luka-luka ada sekitar 20 orang yang saat ini tengah mendapat perawatan intensif di berbagai rumah sakit terdekat. (endra/fajar)

  • Bagikan