KPU Makassar Minta Steakeholder dan Media Evaluasi Kerjanya pada Pilkada 2020

Selasa, 30 Maret 2021 18:21

Ketua KPU Makassar, Faridl Wajdi. (zaki/fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menggelar Forum Grup Diskusi (FGD) bersama stakeholder Pemerintah Kota Makassar dan media. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Aryaduta, Jalan Penghibur, Makassar, Selasa (30/3/2021).

Pada kegiatan itu, KPU Makassar meminta masukan dan evaluasi pada pelaksanaan Pilkada serentak 2020 lalu. “Ini rangkaian dari riset berapa forum yang sudah kita bikin, yang dibentuk KPU bekersama dengan pendidikan ada penelitian dari Fisipol Unhas ini untuk mengkapitalisir isu,” ujar Ketua KPU Makassar, Faridl Wajdi.

Faridl mengatakan, prosesi tahapan pemilu perlu melakukan review sehingga meminimalisir kekurangan-kekurangan pelaksanaan pemilu selanjutnya.

“Tidak semuanya sempurna walaupun banyak respon dan banyak apresiasi. Yang penting kita melihat bagaimana Pilkada ini secara utuh, agar kita bisa mempunyai gambaran bagaimana vikalitas penyelenggara pilkada pada fase-fase berikutnya,” jelas Faridl.

Lebih lanjut, ia mengatakan dari seluruh stakeholder, banyak yang mengapresiasi kinerja KPU Makassar dalam menjalankan Pilwalkot Makassar 2020.

Salah satu yang diapresiasi adalah tidak adanya sidang sengketa yang menandakan hasil pemilihan berjalan lancar dan diterima lapang dada oleh paslon yang kalah.

“Hanya saja, ada sejumlah pekerjaan besar yang harus diselesaikan KPU Makassar di pemilihan serentak selanjutnya. Yakni peningkatan partisipasi pemilih. Meski partisipasi meningkat dari pemilihan sebelumnya, namun tetap saja angka masyarakat yang tak bisa memilih masih tinggi,” kata Faridl.

Lebih jauh, kata Faridl, tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih ditengah pandemi Covid-19 yang tinggi rupanya masih meninggalkan PR besar bagi pihaknya.

“Walaupun di pemilihan 2020 partisipasi lebih baik dibanding pemilihan sebelumnya tapi kan 56% equivaleb dengan 400.000 lebih orang yang tidak dapat ke TPS. Ini masalah serius yang kita pecahkan bersama-sama,” ujarnya.

Komentar

VIDEO TERKINI