RKPD Pemkab Sinjai Tahun Depan Masih Fokus Pemulihan Ekonomi

Selasa, 30 Maret 2021 20:56

FAJAR.CO.ID, SINJAI, – Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 tingkat Kabupaten digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Selasa (30/3/2021)

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian penyusunan rencana kerja (Renja) pemerintah daerah 2022, yang sebelumnya diawali dengan Musrenbang tingkat desa, Kelurahan, Kecamatan hingga Musrenbang anak musrenbang anak dan forum perangkat daerah.

Menurut Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), tahapan-tahapan ini menjadi sarana penyampaian usulan kegiatan dari masyarakat dan pemerintah di kecamatan, desa dan kelurahan serta dari forum anak, sekaligus sebagai upaya mempertajam usulan kegiatan bersama seluruh kepala perangkat daerah.

“Tahapan kali ini memegang peranan yang sangat penting dalam pencapaian seluruh program di RPJMD, karena dokumen perencanaan ini akan menjadi dokumen tahun ke 4 dari penjabaran RPJMD tahun 2018-2023,” kata ASA.

Di tahun 2022 mendatang, Bupati ASA turut membeberkan tema RKPD Sinjai, yakni pemanfaatan sumber daya alam dan inovasi untuk memantapkan pemulihan ekonomi dan sistem kesehatan.

Tema ini, kata Bupati ASA, telah diselaraskan dengan tema RKPD Provinsi Sulsel dan tema RKP pusat tahun 2022 dengan penyesuaian target-target yang akan dilakukan setelah perubahan RPJMD 2018-2023.

“Mengacu pada tema RKPD ini, maka fokus program prioritas adalah untuk memantapkan pemulihan ekonomi dan sistem kesehatan”, tandasnya.

Kendati demikian, Bupati ASA, berharap kualitas perencanaan kedepan betul betul mampu menjawab permasalahan real yang dihadapi masyarakat saat ini.

“Saya berharap dokumen perencanaan yang disusun dengan baik dan bersungguh-sungguh memperhatikan seluruh kaidah dan betul-betul menjadi jalan keluar berbagai permasalahan dan isu isu strategis di Sinjai,” jelasnya.

Komentar

VIDEO TERKINI