Terima Kunjungan Andi Fahsar Padjalangi, Bupati Andi Utta Sebut Bulukumba Bagian dari Bone

Selasa, 30 Maret 2021 22:19

Kunjungan Forkopimda Bone ke Kabupaten Bulukumba. (Agung/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA — Forkopimda Bone berkunjung ke Butta Panrita Lopi, Bulukumba Selasa (30/3/2021). Berziarah ke Makam Raja Bone ke IX, La Pattawe Matinro ri Bettung.

Rombongan Forkopimda Bone tiba sekitar pukul 11.00 Wita dan langsung disambut oleh Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf.

Dalam sambutan Andi Utta sapaan karibnya, kunjungan Pemda Bone dalam rangka ziarah ke makam Raja Bone ke IX. Sebuah kehormatan bagi Pemerintah Bulukumba. Jika menurut sejarah, Bone dan Bulukumba memiliki entitas dan budaya yang tidak bisa dipisahkan.

“Bulukumba adalah bagian dari Bone. Begitu pula sebaliknya. Dengan demikan Pemda menyambut baik kunjungan silaturahmi sebagai upaya membangun sinergi harmoni dan harmonisasi untuk mewujudkan pertumbuhan kemajuan daerah,” katanya.

Kata dia, Kedepannya Pemda Bone tak hanya sekadar berkunjung untuk berziarah ke makam leluhurnya.

“Namun diharapkan dapat ditingkatkan untuk kerjasama diberbagai bidang sesuai dengan potensi masing-masing,” tambahnya.

Sementara Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi mengaku, tak menyangka disambut yang sangat luar biasa oleh Bupati Bulukumba dan jajaran.

“Di sini saya merasa ada getaran yang lahir. Saya melihat ada aura kebesaran yang akan lahir di Bulukumba ini,” ucapnya.

Kehadiran Pemda Bone di Bulukumba ini baru pertama kali di dalam sejarah kerajaan Bone menziarahi makam di Bettung. Sebab, selama ini banyak kehilangan informasi. Ini baru didapat dalam kurung waktu tidak lama.

“Sejarah dan lontara mengatakan bahwa Lapattawe Raja Bone ke IX dimakamkan di Bettung. Bettung yang dimaksud di sini adalah Bulukumba,” beber Bupati Bone dua periode itu. (agung/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI