Bukan Inovasi Baru, tapi Tim Verlap KIPP Sulsel Optimistis Peta Baper Masuk TOP 30

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, Luwu Utara --- Tim Verifikasi Lapangan (Verlap) Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yakin inovasi Peta Berbasis Partisipatif (Peta Baper) bisa tembus ke TOP 30 KIPP-JIPP Sulsel.

Meski dinilai sebagai inovasi replikasi karena pemetaan partisipatif pernah juga dilakukan di daerah lain, tapi ada hal baru atau ciri khas yang berbeda yang ditampilkan inovasi Bappeda ini dibanding inovasi serupa di daerah lain.

Ketua Tim Verlap KIPP Sulsel, Dermayana Arsal, menyebutkan, inovasi Peta Baper adalah tipe inovasi replikasi karena daerah lain juga pernah melakukannya.

Bedanya, kata dia, Peta Baper sedikit lebih unggul dibanding daerah lain yang menerapkan pemetaan partisipatif, karena dalam pelibatan partisipasi masyarakat desa, ada penggunaan dana desa dalam inovasi ini.

“Inovasi ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Tahun 2005, sudah ada daerah melakukan pemetaan partisipatif, tapi Peta Baper ini dimodifikasi dan mendapat tambahan sesuatu yang lebih baru lagi, yaitu penggunaan dana desa yang memang selama ini belum ada. Bahkan baru Luwu Utara yang melakukannya. Jadi, ini adalah inovasi replikasi yang pantas bersaing masuk ke TOP 30 KIPP Sulsel,” ucap Dermayana di sela-sela kegiatan Verifikasi Lapangan Inovasi Peta Baper, Rabu (31/3/2021), di Kantor Kecamatan Malangke.

Yang menarik, Dermayana juga menggali asal-muasal dari proses lahirnya inovasi ini. Di hadapan inovator Peta Baper, ia menanyakan, apakah inovasi Peta Baper murni inovasi yang lahir akibat masalah yang terjadi di masyarakat yang belum terpecahkan, sehingga lahir inovasi tersebut, bukan sebuah program yang menjadi tugas dan fungsi Bappeda itu sendiri.

  • Bagikan