Lelang Jabatan di Tangan Mendagri

Kamis, 1 April 2021 10:27

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemkot Makassar dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sepakat untuk menggelar ulang lelang jabatan. Usulan job fit juga akan diterbitkan.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, pertemuan dengan KASN membuka peluang lelang jabatan makin terbuka.”Alhamdulillah semua berjalan baik. Usulan kami gelar job fit,” ujarnya, Rabu, 31 Maret.

Sebelumnya KASN meminta agar hasil lelang jabatan di era Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin tetap dilanjutkan. Akan tetapi, Danny Pomanto menolak dikarenakan banyaknya kerancuan dalam proses lelang yang berlangsung.

Termasuk keterbukaan lelang yang transparan. “Saat ketemu, kami mengungkapkan alasan-alasan mengapa mau dihentikan. Dan, KASN mengerti,” jelasnya.

Pasca pertemuan itu, upaya Pemkot Makassar menggelar perombakan struktural di pemerintahan bisa dilakukan. Sisa menunggu pertemuan dengan Kemendagri.

Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Makassar, Siswanta Attas mengatakan, meski KASN masih berpijak pada hasil lelang sebelumnya, hal itu tak menghambat proses lelang.

Kewenangan tetap berada di Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. “Jadi melanjutkan lelang itu adalah hak prerogratif wali kota. Apalagi sejauh ini KASN tak pernah memberi rekomendasi melanjutkan lelang secara tertulis. Hanya sebatas lisan itu pun hanya usulan,” ucapnya.

Pemprov

Sementara itu, BKD Sulsel telah meneruskan permohonan Pemkot Makassar untuk melakukan evaluasi jabatan hingga lelang jabatan ke Kemendagri. Sisa menunggu respons pemerintah pusat.

Kepala BKD Sulsel, Imran Jauzy mengatakan, surat tersebut telah diteruskan ke pusat Selasa lalu. Memang pemkot bermohon untuk melakukan rotasi atau mutasi kemudian meminta persetujuan lelang jabatan.

“Jadi ada dua permintaan. Usulan persetujuan mutasi dan persetujuan lelang. Sudah kami teruskan ke Kemendagri. Sisa menunggu persetujuan dari pusat,” bebernya kepada FAJAR, kemarin.

Komentar

VIDEO TERKINI