BBPOM Makassar Bina Pelaku UMKM Sinjai, Upaya Permudah Izin Edar

Minggu, 4 April 2021 12:22

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar, bakal melaksanakan program pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Sinjai.

Nantinya, pelaku UMKM akan mendapatkan pendampingan dan fasilitas dari BBPOM untuk mendapatkan izin edar resmi, sehingga produk yang dihasilkan lebih berdaya saing di pasar yang lebih luas, baik pasar lokal maupun pasar ekspor.

“Jadi kita akan jemput bola, kita akan bina dan fasilitasi mereka (pelaku UMKM-Red) sampai mereka mendapatkan izin edar,” ucap Kepala BBPOM Makassar.

Menurut Hardaningsih, program pendampingan ini masih merupakan program prioritas nasional keamanan pangan yang juga akan dilaksanakan di Bumi Panrita Kitta sebutan daerah Kabupaten Sinjai.

Ke depan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas terkait mengingat di Kabupaten Sinjai terdapat sentra pengolahan hasil perikanan dan kelautan.

“Tentu saja butuh keseriusan juga dari para pelaku usaha, mudah mudahan kalau produknya sudah mempunyai nomor izin BPOM, produknya akan lebih berdaya saing,” tambahnya.

Hardaningsih juga menyampaikan bahwa saat ini untuk pendaftaran produk sangat mudah terutama pangan yang resiko rendah dan sangat rendah, hanya lima hari. Sedangkan aspek yang perlu diperhatikan adalah sarana dan proses produksi yang higienis.

“Ini nanti yang akan kita dekatkan supaya kita bisa sekali datang ke Sinjai bisa langsung melihat dan membina beberapa UMKM yang memang serius melakukan pendaftaran nomor izin edar,” jelasnya. (rls)

Komentar

VIDEO TERKINI