Rektor UNM Kumpulkan 293 Calon Profesor

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Universitas Negeri Makassar (UNM) terus berupaya meningkatkan jumlah professor yang dimiliki.

Untuk itu, UNM menggelar Focus Group Discussion peningkatan kapasitas Lektor Kepala menjadi Guru Besar di Menara Pinisi UNM, Senin (5/4/2021).

FGD ini dipimpin langsung Rektor UNM, Prof. Husain Syam, dan dipandu Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Hasnawi Haris.

Saat ini, UNM memiliki lebih dari 900 dosen yang 464 di antaranya sudah berkualifikasi doktor. Dari total jumlah doktor tersebut, sebanyak 296 orang dosen yang berkualifikasi doktor diundang khusus menghadiri kegiatan tersebut.

Para doktor ini merupakan dosen yang berpotensi mencapai gelar professor dalam waktu dekat.

Pada kesempatan tersebut, Prof Husain menyatakan komitmen untuk meningkatkan jumlah profesor dalam satu tahun ke depan. Menurut mantan Dekan Fakultas Teknik dua periode itu, jumlah professor yang dimiliki mencerminkan kualitas sumber daya manusia.

"Saat ini, UNM memiliki 88 orang professor dan menjadi perguruan tinggi Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) terbanyak kedua dalam jumlah profesor," ujarnya.

Untuk mendorong peningkatan jumlah professor di UNM, di era kepemimpinan Prof. Husain Syam, UNM memberikan kebijakan khusus melalui Skim Penelitian Percepatan Profesor yang didanai melalui dana dari Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Skema percepatan guru besar sudah memasuki tahun ketiga dan melibatkan puluhan dosen. Melalui skema ini, sejumlah dosen yang siap mengajukan guru besar dan tersisa persyaratan khusus artikel internasional bereputasi diberikan dana dan dipimpin oleh seorang professor senior.

  • Bagikan