Respons Aksi Bom Katedral, Kesbangpol Gorontalo Bentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat

Rabu, 7 April 2021 22:22

FAJAR.CO.ID, GORONTALO — Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Gorontalo menyelenggarakan rapat penguatan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FDKM)

Ketua FDKM Provinsi Gorontalo, Abdullah Paneo mengatakan, FDKM hadir sebagai forum yang akan bersinergi bersama pemerintah dalam menyampaikan dan melaporkan serangkaian informasi terkait Ancaman, Tantangan, Hambatan, Gangguan (ATHG) di daerah.

“Tentu kita menyambut baik dengan terbentuknya FDKM sebagai salah satu forum yang akan bersinergi bersama pemerintah Provinsi Gorontalo dalam hal ini Kesbangpol guna melaporkan informasi terkait Ancaman, Tantangan, Hambatan, Gangguan (ATHG) di daerah”. ujarnya di Grade Bistro Kota Gorontalo, Rabu, (7/4/2021).

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Gorontalo M. Ali Imran Bali yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Ideologi dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Arfan Sery Yusuf yang turut hadir pada kesempatan tersebut berharap Hadirnya FDKM sebagai mitra stategis kesbangpol dapat berkontribusi kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk kesinambungan pembangunan daerah.

“Saya yakin dengan hadirnya FDKM yang dikolaborasikan bersama anggota dari sejumlah unsur tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, serta tokoh pemuda akan membantu pemerintah dalam mengawal dan memberi rasa aman kepada masyarakat dari segala ancaman sehingga pembangunan di daerah dapat berjalan secara normal” ujarnya.

Selain itu, pembentukan forum ini diakui Arfan sebagai salah satu bentuk antisipasi atas teror bom yang terjadi di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu.

“Tentu dengan hadirnya FDKM akan mampu memberi rasa aman kepada masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, pembentukan FDKM mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri) Nomor 46 Tahun 2019 tentang Kewaspadaan Dini Di Daerah diteruskan melalui surat keputusan (sk) Gubernur Gorontalo Nomor: 50 / 31 / II / 2021 tentang pembentukan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Provinsi Gorontalo. (selfi/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI