Dugaan Pungli Losari, Tim Siber Pungli Pemkot Makassar Masih Kumpulkan Bukti

  • Bagikan

Sementara jumlah pedagang di Pantai Losari yang aktif sebanyak 155 pedagang, terdiri dari gerobak sebanyak 130 buah dan asongan berjumlah 25.

Olehnya, sejumlah pedagang dikawasan tersebut berinisiatif untuk melaporkan hal itu ke Wali Kota Makassar atau ke instansi terkait yakni Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar

"Setiap hari kita disuru bayar segitu, sekarang kondisi covid-19 kami semakin menjerit. Belum lagi kita bayar untuk uang kebersihan," ujar pedagang tersebut.

Aksi pungli di kawasan Anjungan Pantai Losari sempat direkam oleh para pelaku, kejadiannya kurang lebih sekitar 4 pekan lalu.

Sementara, Plt Kepala Dispar Kota Makassar Muhammad Roem mengaku mendapatkan laporan terkait adanya pungli terhadap pedagang di Losari.

Padahal, kata Roem di kawasan tersebut tidak ada sama sekali diberikan pungutan kepada para pedagang. Sehingga penarikan pungutan dalam bentuk apapun adalah ilegal

"Saya juga sudah liat itu video, dan saya sudah perintahkan kepada kepala UPTD untuk mencari dan mengusut tuntas persoalan itu. Kalau perlu dilaporkan," ungkap Roem.

Menurut Roem, meskipun kejadian di video itu sudah berlangsung lama namun perlu dilakukan pengusutan, sebab hal itu sudah sangat meresahkan para pedagang, apalagi pungli itu sudah mengatasnamakan UPTD Losari

"Itu harus di proses sesuai ketentuan, kalau memang UPTD tidak terlibat disitu harusnya dilaporkan, ini sudah merusak tatanan pemerintahan," tuturnya

Olehnya ia mengimbau kepada seluruh pedagang untuk terus berkoordinasi dan melaporkan segera jika ada peristiwa serupa terjadi lagi. (ikbal/fajar)

  • Bagikan

Exit mobile version