Nasib Stadion Mattoanging Semakin Terjepit Diantara Berbagai Pihak

Jumat, 9 April 2021 18:48

Stadion Mattoanging. (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kelanjutan Stadion Mattoanging saat ini semakin menjadi perhatian publik. Pasca tertangkapnya Gubernur Sulawesi Selatan nonaktif Nurdin Abdullah, masyarakat terus melakukan desakan, utamanya dari pihak Supporter PSM.

Pemerintah Provinsi Sulsel dalam hal ini Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman selama ini terus menegaskan, program yang telah digagas sebelumnya tetap akan diupayakan kelanjutannya.

Selain itu, Plt Kepala Bappelitbangda Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan, pemprov saat ini tetap terbuka dengan opsi yang diberikan oleh berbagai pihak.

“Kalau kita mengatakan didesain ulang, opsi itu ada. mau dilanjutkan, opsi itu ada. Semua opsi kita dengarkan sampai sekarang,” kata Andi Darmawan, Kamis, (8/4/2021).

Sementara itu, Pj Walikota Makassar, Danny Pomanto juga terus menyoroti pembangunan Stadion Mattoanging yang dinilai tidak sesuai dengan regulasi. Sehingga Izin Membangun Bangunan (IMB) yang harusnya dikeluarkan Pemkot belum menemui titik terang.

Belum lagi, Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) resmi sebagai pengelola Stadion Mattoanging melalui surat keterangan berkekuatan hukum tetap Pengadilan Tata USaha Negara Makassar nomor W4-TUB1/04/01.06/III/2021.

YOSS memenangkan perkara melawan Pemprov Sulsel sebagai tergugat pertama dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sebagai tergugat kedua.

Secara otomatis, izin pengelolaan stadion dan pencabutan surat keputusan KONI tentang pengelolaan sarana dan prasarana olahraga KONI Sulsel yang dialihkan ke Pemprov dinyatakan batal. Keputusan tersebut diteken oleh Panitera PTUN Makassar pada Senin, (22/3/2021) lalu.

Ketua Umum YOSS, Andi Karim Beso mengatakan, sepekan sebelum pembongkaran stadion, pihaknya sudah memiliki putusan peradilan tata negara yang memenangkan YOSS sebagai pengelola.

Hanya saja, waktu itu keputusannya belum inkrah, sehingga Pemprov Sulsel tetap pada keinginannya untuk mengambil alih stadion.

Komentar

VIDEO TERKINI