Sebelum Lakukan Simulasi Bencana, BPB Sinjai Lakukan Ini Kepada Anggotanya

Jumat, 9 April 2021 18:42

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai melakukan pembekalan dalam rangka penyelenggaraan simulasi penanganan banjir, Jumat (09/04/2021)

Dibawakan oleh Kepala Seksi Kesiapsiagaan Bencana BPBD Sinjai, Syamsul Ahmad, kegiatan tersebut digelar di Aula Kantor BPBD Sinjai, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Sinjai Utara.

Kepala BPBD Sinjai, Budiaman menyampaikan, hal ini sebagai bentuk upaya dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi potensi ancaman bencana yang ada di wilayah Kabupaten Sinjai.

“Saat ini, Sinjai telah memasuki musim hujan pada bulan April sampai dengan Juni 2021. Olehnya itu, upaya yang kita lakukan dilakukan diharapkan bisa meminimalisir setiap kejadian bencana yang ada,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan yang dilakukannya telah sejalan dengan arahan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) yang meminta untuk mengedepankan keselamatan dalam melakukan tindakan penyelamatan untuk meminimalisir korban terdampak bencana.

“Memang dibutuhkan kesiapsiagaan, kewaspadaan dan yang pasti kita semua berharap dapat terhindar dari bencana,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan simulasi nantinya lanjut Budiaman, terdapat beberapa upaya yang akan dilakukan seperti, bagaimana melakukan upaya penyelamatan dengan melakukan rolling.

Setelah itu, bagaimana menyelamatkan atau mengevaluasi warga, serta menyelamatkan pasien atau korban yang tertimpa atau yang telah meninggal. Lalu, mobilisasi evakuasi masyarakat sampai ke tempat pengungsian.

Dalam simulasi penanganan banjir tersebut ditetapkan bahwa lokasi titik pengungsian harus berjarak 500 meter dari titik bencana.

Informasi lebih lanjut, usai pembekalan ini, BPBD Sinjai akan penyelenggaraan simulasi penanganan banjir yang akan dipusatkan di Desa Bongki Lengkese,Kecamatan Sinjai Timur pada hari Senin, 12 April 2021 mendatang.

Sejumlah stakeholder yang terlibat baik itu dalam pembekalan maupun saat pelaksanaan simulasi, yakni diantaranya TNI, Polri, Dinkes, Dinsos, Satpol PP, Diskominfo dan Persandian, PMI, ORARI, serta sejumlah instansi lainnya. (rls)

Komentar

VIDEO TERKINI