Sutra Motif Kalong Juarai Cerita Wastra Sulsel

Senin, 12 April 2021 21:23

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Lomba Cerita Warisan Nusantara (Wastra) tingkat Sulsel sudah mendapatkan pemenang. Juara 1 sampai 3 selanjutnya akan mengikuti lomba tingkat nasional yang digelar Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM).

Untuk tingkat Sulsel, juara pertama diraih akun Instagram @syarif_tasrif. Karya foto dan ceritanya mengangkat sutra bermotif kalong. Karya menunjukkan, seorang model mengenakan sutra berwarna kuning berpadu hijau dengan motif kalong atau kelelawar. Uniknya, di belakang sang model terbang ribuan kalong saat pengambilan gambar.

Untuk juara kedua diraih akun Instagram @bulan_masagena. Karya foto dan cerita mengangkat kain tenun rongkon. Pada cerita yang disematkan, disebutkan bahwa kain tenun rongkong khas Luwu Utara tersebut yang merupakan salah satu identitas kejayaan peradaban Kerajaan Luwu masa lampau.

Sementara juara ketiga diraih akun Instagram @fitrah_danial. Karya foto dan cerita mengangkat kesederhaan tope le’leng sebagai pakaian ada masyarakat Suku Kajang Ammatoa di Bulukumba.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Abdul Malik Faisal mengatakan, ada banyak karya yang masuk dan bagus-bagus. Berasal dari 15 kabupaten / kota di Sulsel.

“Selain juara 1 sampai 3, ada juga dipilih satu juara favorit dengan melihat like terbanyak pada Instagram. Tetapi yang dipilih ini bukan yang terbanyak, ada yang lebih banyak tetapi setelah dicek, peserta tersebut membeli like. Ada sampai luar negeri yang like, jadi kami betul-betul teliti,” jelas Malik, Senin (12/4/2021).

Pada lomba ini, juara favorit diraih akun Instagram @yantiiss dengan foto dan cerita Baju Bodo, khas Suku Bugis. “Juara 1-3 akan ikut pada lomba tingkat nasional. Untuk di Sulsel, kami masih mencari waktu yang tepat untuk penyerahan hadiah,” sambung mantan Kabiro Umum Pemprov Sulsel itu.

Komentar

VIDEO TERKINI