Sandiaga Uno Puji Inovasi Taufan Pawe di Bidang Pariwisata dan Ekraf

Rabu, 14 April 2021 14:39

FAJAR.CO.ID, PAREPARE– Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno menyebut Wali Kota Parepare Taufan Pawe sebagai kepala daerah inovatif pada bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hal itu ia diungkapkan saat Rapat KolaborAksi bersama tujuh kepala daerah di Sulsel yang berlangsung di Kantor Kemenparekraf RI, Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu, 14 April 2021.

“Wali Kota Parepare (Taufan Pawe) dan Wali Kota Makassar merupakan kepala-kepala daerah inovatif. Pendekatan inovasinya luar biasa untuk kemajuan daerah,” kata Sandiaga Uno.

Untuk Kota Parepare, lanjut Sandiaga Uno, Taufan Pawe berhasil memajukan Parepare sebagai kota pariwisata dan ekonomi kreatif dengan menjadikan BJ Habibie dan Hasri Ainun sebagai inspirasi pembangunan kota. Tak hanya itu, festival budaya Parepare yakni Salo Karajae Parepare berhasil masuk agenda wisata nasional. 100 Calendar of Events (CoE) Wonderful Indonesia.

“Tidak hanya dari segi pelayanan publik, tapi juga dari segi mengemas produk-produk wisata ataupun peluang ekonomi kreatif sehingga bisa dikembangkan dengan baik. Luar bisa inovasinya,” kata Sandiaga Uno.

Mantan Wakil Gubernur Jakarta ini menyebutkan, trend pariwisata dan ekonomi kreatif ke depan akan lebih localize, customize, dan smaller in size. Namun hal tersebut harus ditopang dengan inovasi dan kreatifitas. Sehingga dirinya akan mendukung kebijakan kepala daerah dalam memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

“Jika sudah ada aspek inovasi. Sekarang aspek adaptasinya adalah terhadap penerapan protokol kesehatan yang tepat dan disiplin. Bapak-bapak adalah ketua satgas sehingga sangat mengerti bahwa ke depan pariwisata dan ekonomi kreatif adalah solusi dari pemulihan ekonomi selain vaksinasi,” jelasnya.

Sementara, Wali Kota Parepare dalam presentasinya memaparkan, Kota Parepare sebagai kota kecil yang memiliki tiga dimensi. Dimensi pesisir, dataran rendah, dan dataran tinggi. Meski demikian, Parepare memiliki karakteristik tersendiri yang tidak dimiliki daerah lain yakni tempat kelahiran Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie.

Komentar

VIDEO TERKINI