Sandiaga Uno Puji Inovasi Taufan Pawe di Bidang Pariwisata dan Ekraf

  • Bagikan

Sementara, Wali Kota Parepare dalam presentasinya memaparkan, Kota Parepare sebagai kota kecil yang memiliki tiga dimensi. Dimensi pesisir, dataran rendah, dan dataran tinggi. Meski demikian, Parepare memiliki karakteristik tersendiri yang tidak dimiliki daerah lain yakni tempat kelahiran Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie.

“Sehingga saya menjadikan BJ Habibie sebagai sumber inspirasi membangun Kota Parepare. Karena saya menyadari kota saya tidak memiliki sumber daya alam, hanya kota jasa dan niaga. Maka saya harus buat jasa kepariwisataan dan ekonomi kreatif dengan menggunakan teori telapak kaki,” kata Taufan Pawe.

Kepala daerah berlatar belakang profesional hukum ini menambahkan, salah satu upayanya menghadirkan ribuan telapak kaki di Parepare yakni menghadirkan icon-icon Bj Habibie dan Ainun. Seperti Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun, Balai Ainun, Rumah Sakit Regional Hasri Ainun Habibie dengan konsep medical tourism, Museum Bj Habibie, dan lainnya.

“Untuk menjawab visi misi saya menghadirkan Parepare sebagai kota industri tanpa cerobong asap itu ada tiga pilar. Pertama pilar kesehatan, kedua pendidikan yang insyaallah Institut Teknologi Habibie tahun ini sudah bisa menerima mahasiswa, ketiga pilar kepariwisataan yakni menghadirkan satu-satunya di dunia Museum Bj Habibie,” pungkasnya.

Di akhir rapat KolaborAksi tersebut, Taufan Pawe memberikan cendera mata kepada Sandiaga Uno berupa plakat, kain sutra dan makanan khas oleh-oleh Parepare.

Sebelumnya, Sandiaga Uno mengapresiasi dan berterima kasih kepada Wali Kota Parepare dua itu atas terciptanya Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun.

  • Bagikan