Program Home Care Home Visit, Upaya Bupati ASA Mudahkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Minggu, 18 April 2021 19:12

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Memberikan pelayanan prima di semua bidang, merupakan komitmen utama Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) pada masa pemerintahannya di Bumi Panrita Kitta.

Sehingga, berbagai program strategis yang menyentuh langsung terhadap kebutuhan masyarakat telah dilakukan. Salah satunya melalui program Home Care Home Visit.

Program ini salah satu cara Puskesmas dalam meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan atau meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi masyarakat.

Dengan begitu, puskesmas tidak hanya menyelenggarakan pelayanan kesehatan dalam gedung melainkan juga keluar gedung dengan mengunjungi warga di wilayah kerjanya.

Bupati ASA menjelaskan, pelayanan kesehatan yang dilakukan di rumah untuk meningkatkan dan mempertahankan kondisi kesehatan pasien secara berkesinambungan dan konprehensif menuju kemandirian dan terhindar dari akibat penyakit (kuratif dan rehabilitatif) terkhusus bagi pasien yang telah menjalani perawatan di Puskesmas dan Rumah Sakit.

Layanan kesehatan door to door atau mengunjungi langsung ke rumah warga, Pemkab melalui Dinas Kesehatan Sinjai menugaskan tenaga kesehatan (Nakes) di masing-masing dusun dan desa yang ada di sembilan kecamatan.

Mereka penanggung jawab dusun beserta tim terpadu home care seperti dokter, perawat, bidan, laboratorium dan farmasi intens melakukan kunjungan demi memastikan kondisi kesehatan warga setempat.

“Dalam program ini, selain memberikan pelayanan, tenaga kesehatan juga megedukasi bagaimana agar masyarakat menjaga kesehatan dan lingkungan sekitar,” ungkap ASA.

Tujuannya sambung alumnus Monash University Melbourne Australia ini, adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan pasien dirumah, menurunkan angka kesakitan di masyarakat dan angka rujukan penyakit ke rumah sakit, meningkatkan hubungan petugas kesehatan dengan pasien dan keluarga, meningkatkan kepuasan keluarga dan pasien serta meringankan biaya keluarga dan pasien.

Komentar

VIDEO TERKINI