PMI Makassar Krisis Darah, Stok Tinggal 458 Kantong

Rabu, 21 April 2021 21:41

Suasana gerai donor darah Ramadan PMI Kota Makassar (Zaki/fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) kota Makassar saat ini sangat kritis, per hari ini Rabu (21/4/2021) stok darah di PMI tinggal 485 kantong saja. Sedangkan permintaan darah dari Rumah Sakit sangat tinggi.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Makassar, Khudri Arsyad kepada fajar.co.id. Ia menyebut saat PMI Makassar sudah pada tahap krisis stok darah.

“Keluarga pasien yang butuh darah, kita minta untuk sama-sama mencari pendonor, karena saat ini stok darah di PMI kota Makassar sudah krisis stok,” ujar pria yang akrab disapa Udri ini.

Lebih lanjut, untuk mengantisipasi kurangnya stok darah di markas PMI, ia telah membuka gerai donor darah di dua tempat selama bulan suci Ramadan ini.

Dia tempat tersebut adalah di Masjid Al-Markaz Al-Islami Makassar dan Mal Ratu Indah (Mari).

Untuk Gerai donor darah di Masjid Al-Markaz, Udri menyebut pada hari pembukaan kemarin berhasil mengumpulkan 31 kantong darah. Kegiatan itu akan terus berlangsung hingga pada tanggal 11 Mei 2021, mendatang.

Masyakarat yang ingin mendonor darah juga bakal diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi mereka. PMI Makassar sebelumnya sudah berkerjasama dengan beberapa pihaknya untuk menyediakan doorprize kepada para pendonor.

“Di suasana donor ini kita di support beberapa mitra kami. Seperti Alfamidi mempersiapkan voucher belanja, Suzuki ada doorprize, Pegadaian juga menyiapkan doorprize,” jelasnya.

“Doorprize-nya itu bagi yang pendonor rutin atau sudah lima kali keatas, ada sepeda motor. Untuk pendonor pemula, handphone, ada sepeda lipat, smartwatch. Jadi lumayanlah untuk motivasi membantu sesama. Dan diundi satu Minggu setelah lebaran,” pungkas Udri. (Zaki/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI