Tak Biasa, Beragam Cara Pertamina Rayakan Hari Kartini dengan Masyarakat

Jumat, 23 April 2021 19:48

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Semangat kartini sebagai tokoh pahlawan nasional sekaligus pelopor kebangkitan perempuan terus tumbuh pada perempuan-perempuan Indonesia. Saat ini, perempuan Indonesia mampu bersaing dan menciptakan karya serta membawa harum nama Indonesia hingga dunia.

Pertamina Regional Sulawesi percaya bahwa semangat Kartini merupakan semangat positif yang harus dibagikan kepada masyarakat sekitar. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), pada Hari Rabu (21/4) Pertamina secara serentak di beberapa lokasi menggelar kegiatan peringatan hari kartini bersama masyarakat di sekitar wilayah operasional dengan cara yang positif dan berbeda.

Di Maros, Pertamina menggelar pelatihan diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal kepada Kelompok Wanita Bumi Berua Indah (KWBBI) yang sudah sejak 2020 menjadi kelompok binaan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Hasanuddin Group,

KWBBI sendiri merupakan kelompok Ibu Rumah Tangga yang menjalankan pemberdayaan masyarakat sekitar untuk menghasilkan produk olahan dari sumber daya lokal. Sebut saja hasil produk olahan yang berhasil mereka olah seperti produk hasil olahan ikan, talas, rumput laut, tanaman porang seperti biskuit ikan, donat, lumpia, stik bawang dan brownies dari ikan dan rumput laut serta puding.

Pada kegiatan pelatihan kali ini, DPPU Hasanuddin Group bersama KWBBI melangsungkan pelatihan pembuatan es krim berbahan dasar talas dan tanaman porang. Pelatihan yang mengusung tema “Meningkatkan Kualitas Pemberdayaan Wanita Indonesia dengan Semangat Ibu Kartini” diikuti juga oleh Kelompok Wanita Baji Manggai yang merupakan kelompok baru yang dibina oleh DPPU Hasanuddin Group pada tahun 2021.

Pertamina dalam menjalankan CSR nya, menargetkan terciptanya multiplier effect di masyarakat dengan membuat mekanisme agar binaan yang telah dibina mampu membina kelompok lainnya. Sehingga keberlanjutan dan kemandirian kelompok dapat segera terwujud.

Komentar

VIDEO TERKINI