Penilaian Pembangunan WBK, Aplikasi Inovasi Imigrasi Polewali Dapat Pujian

Senin, 26 April 2021 16:48

FAJAR.CO.ID, POLMAN– Tim Penilai Internal (TPI) Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) memuji salah satu aplikasi Inovasi Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar. Hal tersebut disampaikan dalam pelaksanaan kegiatan Evaluasi Satuan Kerja Berpredikat menuju WBK yang dilaksanakan di Kantor Imigrasi Polewali Mandar, Senin (26/04).

Dalam pelaksanaan kegiatan Evaluasi Satuan Kerja Berpredikat menuju WBK, TPI berasal dari Inspektorat Jenderal Kemenkumham Wilayah IV. TPI melakukan penilaian terhadap pembangunan Zona Integritas di Kantor Imigrasi Polewali Mandar yang mencakup evaluasi atas Komponen Pengungkit dan Komponen Hasil.

Di akhir sesi evaluasi, salah satu anggota TPI memuji aplikasi Si Mandar (Sistem Informasi Manajemen Data Imigrasi Polewali Mandar) yang merupakan aplikasi inovasi karya salah satu pegawai Kantor Imigrasi Polewali Mandar.

“Kalau saya melihat, aplikasi ini memiliki potensi untuk memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat,” ujar salah satu anggota TPI.

Si Mandar adalah aplikasi di mana masyarakat dapat mengecek status permohonan Paspor mereka. Setelah melakukan permohonan Paspor dan proses pembayaran, masyarakat dapat mengetahui sudah di tahap mana permohonan Paspornya melalui aplikasi ini.

Selain itu, aplikasi ini juga ditujukan bagi anggota Tim Pengawas Orang Asing (Timpora) Kantor Imigrasi Polewali Mandar sebagai pusat data dan sarana berkomunikasi.

“Kendati demikian, saya lihat ini masih awal. Aplikasi ini masih bisa dipoles dan disempurnakan. Setelah aplikasi ini dibenahi, pasti akan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang berdampak pada meningkatnya mutu pelayanan di Kantor Imigrasi Polewali,” tambah TPI sebagai penutup.

Selain aplikasi Si Mandar, Kantor Imigrasi Polewali Mandar memiliki beberapa inovasi lain untuk mendukung pembangunan Zona Integritas menuju WBK. Di antaranya adalah program Jempol Mama (Jemput Bola ke Polewali, Majene dan Mamasa) yakni program layanan Paspor di kantor-kantor pemerintahan daerah untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat dan program Penyerahan Paspor Selesai 3 Menit serta beberapa inovasi lainnya.

Komentar

VIDEO TERKINI