Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana, Pemkot Bekali Personel Latihan Kebencanaan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaksanakan apel sebagai peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB).

Apel yang melibatkan ratusan personel dari berbagai stake holder, seperti TNI/Polri, Dinas Perhubungan, ORARI, Kelurahan Tangguh, Call Center 112, dan Pemadam Kebakaran ini digelar di Lapangan Upacara Binalipu Kota Parepare, Senin (26/4/2021). Apel tersebut dipimpin langsung Wakil Wali Kota Parepare H Pangerang Rahim.

Menurut Pangerang Rahim, melalui HKB mrnjadi wadah dan upaya dalam membangun kesadaran dan partisipasi publik dalam meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi darurat bencana.

Pangerang Rahim mengatakan, bencana alam merupakan ancaman nyata kepada setiap individu sehingga perlu disikapi kemampuan individu yang diasah melalui latihan kebencanaan.

“Sebagai Pemerintah Kota tentu yang menjadi perhatian kita adalah bagaimana menyelamatkan masyarakat kita dari berbagai bencana yang mungkin saja bisa timbul di mana saja, dan kapan saja," kata Pangerang.

Oleh Karena itu lanjut dia, Pemkot Parepare intens melakukan kesiapan-kesiapan tersebut dengan berbagai bentuk pelatihan.

"Ada pelatihan sendiri, dan pada hari ini semua itu kita lakukan sebagai puncak untuk lebih memperkuat keberadaan para petugas kita, para pelayan dari berbagai bencana dengan melakukan apel kesiapsiagaan bencana pada hari ini dengan semboyan Siap Untuk Selamat,”jelas Pangerang.

Ia juga menyampaikan, tercatat 202 kejadian bencana di Kota Parepare hingga April, di antaranya angin kencang yang terjadi 2 April yang mengakibatkan kerusakan 164 rumah dengan lokus tersebar di 13 Kelurahan. Kerusakan itu menjadi perhatian serius Pemerintah kota dengan sigap melakukan langkah penanganan, termasuk menyalurkan bantuan.

  • Bagikan