Sigap! BPBD Luwu Utara “Evakuasi” 13 Warga Terdampak Banjir

Selasa, 27 April 2021 15:23

FAJAR.CO.ID, LUWU UTARA– Sebanyak 13 warga terdampak banjir berhasil dievakuasi Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Utara, Senin (26/4/2021). Kondisi 13 warga terdampak adalah 3 orang meninggal dunia, 3 orang luka berat, dan 5 orang mengalami luka ringan.

Para korban langsung mendapat penanganan intensif dari TRC dibantu SAR, PMI, Tenaga Kesehatan, Pramuka Peduli dan warga setempat yang berhasil selamat dari terjangan banjir yang terjadi pada pukul 01.00 wita dinihari.

Pada Senin 26 April 2021, sejak dini hari sebagian wilayah diguyur hujan lebat dengan intensitas tinggi sejak pagi, sehingga menyebabkan terjadinya banjir. Sebelumnya, BMKG memberikan informasi melalui pesan telpon (bunyi HP) kepada BPBD tentang kondisi cuaca dan potensi terjadinya banjir. BPBD yang mendapatkan informasi cuaca dari BMKG langsung menindaklanjutinya dengan menginstruksikan kepada semua pihak terkait untuk siaga dengan potensi banjir yang mungkin terjadinya.

Pada pukul 01.00 wita dini hari, apa yang dikhawatirkan terjadi. Banjir bandang yang disertai material lumpur dan sampah mulai datang dengan arus yang sangat kuat. Dalam waktu yang cukup singkat, air sudah mencapai setinggi pinggang orang dewasa.

Warga yang tidak menyangka datangnya banjir yang begitu cepat menjadi panik dan berusaha menyelamatkan diri. Namun, kuatnya arus, membuat sebagian warga tak berani melaluinya. Akhirnya, 13 warga menjadi korban bencana yang datang terduga tersebut.

Camat langsung melaporkan kondisi terkini pascabanjir bandang kepada Bupati, kemudian Bupati langsung memerintahkan Kalaksa BPBD agar segera menerjunkan tim ke lokasi kejadian.

Selanjutnya, atas perintah Bupati, Kalaksa BPBD langsung memanggil dan menginstruksikan kepada Korlap agar segera mengumpulkan seluruh anggota TRC BPBD menuju lokasi untuk melakukan evakuasi kepada warga terdampak bersama tim lainnya yang juga diturunkan. Alhasil, warga lainnya berhasil dievakuasi.

Komentar

VIDEO TERKINI