Jelang Lebaran, Harga Cabai dan Bawang Putih Naik

Jumat, 30 April 2021 11:45

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Jelang lebaran, beberapa harga kebutuhan pokok meningkat. Sebut saja diantaranya di Pasar Terong Makassar, Kecamatan Bontoala, Kota Makassar.

Harga cabai rawit, cabai besar merah, dan bawang putih mengalami kenaikan di Makassar. Hal ini terlihat dari data laporan harian perkembangan ketersediaan, dan harga 11 komoditas dari Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar.

Salah seorang warga dan Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Jurusan Komunikasi, Subhan Yusuf mengatakan dari pantauannya per Jumat, 30 April. Bawang putih mengalami kenaikan harga diangka Rp 30 ribu per kilogram.

Kemudian Cabai rawit Rp50 ribu perkilogram dari harga sebelumya Rp35 ribu perkilogram. Sementara cabai besar merah diangka Rp40 ribu perkilogram yang sebelumnya Rp30 ribu per kilogram.

“Jika dibandingkan hari-hari sebelumnya sejak pantauan saya 03 Januari 2021, harga untuk bahan pangan masih standar. bawang putih dari Rp26 ribu perkilogramnya.

Kata Subhan, adapun bahan pangan dengan harga yang terpantau tetap beberapa hari belakangan yakni beras Rp11 ribu per Kg. Kemudian ada jagung Rp1,925 per tongkol, bawang merah Rp26 ribu per Kg. Kemudian daging sapi Rp115 ribu per Kg.

Tak ketinggakan daging ayam Rp28 ribu per Kg. Telur ayam Rp1,500 per butir, gula pasir Rp13 ribu per Kg dan minyak goreng Rp13.500 per Kg.

Salah Seorang Pedagang Bahan Bumbu Dapur, Daeng Ngintang mengatakan kenaikan harga mengalani kenaikan karena beberapa faktor. Selain permintaan yang terus naik sementara paaoka terbatas

“Kenaikan harga juga dipengaruhi oleh faktor cuaca, pasalnya cuaca yang tidak mendukung bisa membuat tanaman rusak sehingga stroknya terbatas,” ucapnya.

Dari Info Dinas perdagangan Kota Makassar mengenai ketersediaan stok pangan. Saat ini masih mencukupi jelang lebaran.

Komentar

VIDEO TERKINI