Jelang Hari Raya, Pemkot Parepare Pastikan Kualitas dan Kuantitas Daging Aman Terkendali

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PAREPARE- Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan (PKP) melakukan uji kualitas daging sapi, ayam dan ikan di Pasar Lakessi Kota Parepare.

Pemantauan dan pengawasan ini dilakukan bersama Tim Kesehatan Hewan Dinas PKP, Selasa (4/5/2021).

Kepala Dinas PKP Kota Parepare, Wildana mengatakan, uji kualitas itu dilakukan untuk memastikan kualitas dan kelayakan daging dikonsumsi masyarakat.

“Alhamdulillah hasilnya negatif dan insyaallah aman dikonsumsi oleh masyarakat. Untuk stok daging, ikan dan ayam di pasaran masih terpenuhi hingga lebaran mendatang,”ujar Wildana.

Hal senada juga dikatakan drh Nurdin. Ia menuturkan, menjelang hari raya idul fitri, Dinas PKP turun ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan kualitas mutu daging baik secara kualitas maupun kuantitas.

“Dalam rangka menjamin kebutuhan masyarakat Kota Parepare, kita turun untuk memastikan bahwa daging-daging yang tersedia di pasar bisa dijamin dari sisi kualitas dan kuantitasnya. Kami dapat simpulkan hari ini bahwa tidak ada, baik dari daging maupun dari pemeriksaan kualitas daging unggas yang menyimpang. Hampir semua organ yang kita lakukan pemeriksaan baik di daging sapi maupun di unggas itu normal semua,”terang Nurdin.

Pemantauan ini merupakan langkah awal Tim Kesehatan Dinas PKP untuk menjamin kualitas dan ketersediaan daging di pasar.

“Salah satu dari pantauan kita hari ini untuk memastikan kualitas itu adalah daging-daging tersebut memang baik dari unsur kehalalannya maupun dari unsur kualitasnya itu semua kita pantau. Untuk daging celeng atau daging yang mati, itu kita terus melakukan pemeriksaan kualitas dengan melakukan pemeriksaan uji formalin. Ada oknum yang melakukan penyimpangan dengan cara mengawetkan dengan formalin itu akan semua ketahuan. Semua itu akan kita pantau dan evaluasi, dan ini kita lakukan hingga dua atau tiga hari sebelum lebaran,”pungkasnya.(*)

  • Bagikan