Peduli Petani, Pemkot Parepare Bagikan 981 Kartu Tani Ini Manfaatnya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP) mulai menyalurkan Kartu Tani Indonesia (KTI) bagi para petani. KTI tersebut merupakan tahap pertama bagi petani yang terdaftar dalam SIMLUHTAN (Sistem Informasi Penyuluhan Pertanian), belum lama ini.

Kepala Dinas PKP Kota Parepare, Wildana mengatakan sebanyak 981 dari 2.000 lebih jumlah petani yang telah diusulkan sesuai dengan Simluhtan yang merupakan hasil kerja sama dengan BNI.

Dijelaskan pula, manfaat KTI ini di antaranya para petani akan mendapatkan harga pupuk bersubsidi.

“Kartu Tani Indonesia ini diberikan agar para petani bisa menebus pupuk bersubsidi dan juga bisa melakukan pembayaran lewat ATM. Ini membantu proses distribusi dan kami menyediakan distributor atau kios yang dikerjasamakan untuk penebusan pupuk subsidi tersebut. Kalau kartunya tidak ada, berarti tidak terdaftar Simluhtan,”terang Wildana.

Lebih lanjut Wildana menuturkan, persyaratan utama mendapatkan Kartu Tani adalah petani harus tergabung dalam kelompok tani dan memiliki tanda kepemilikan tanah bukti setoran pajak tanah, bukti sewa serta data luas garapan maksimal dua hektar are.

“Jadi kami kemarin mengusulkan ada 1 hektar are (ha), ada 1,5 ha dan ada 2 ha. Tapi hanya 2 ha yang dicover untuk menerima kartu tani tersebut. Ini salah satu kepedulian pemerintah kepada masyarakat petani,”tutupnya.(*)

  • Bagikan