Pendaftaran SMA Hanya Empat Hari

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan dibuka Juni. Waktunya sangat terbatas.

Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel sudah menyusun jadwal pendaftaran, baik untuk tingkat SMA maupun SMK. Jadwalnya singkat, hanya empat sampai lima hari saja.
Disdik menargetkan, proses penerimaan rampung sebelum pekan ketiga Juli. Pasalnya, jadwal tersebut sudah masuk tahun ajaran baru. Disdik juga menyiapkan beberapa jalur pendaftaran. (Selengkapnya lihat grafis)

Nanti sistem penerimaannya berbasis dalam jaring (daring) atau online. "Tetapi, di sekolah tetap kami siapkan posko khusus bagi siswa yang kesulitan mendaftar dan tak punya gadget (ponsel cerdas),” beber Sekretaris Disdik Sulsel, Hery Sumiharto, Rabu, 5 Mei.

Selain itu, pihaknya juga mengantisipasi adanya protes dari orang tua siswa. Utamanya untuk jalur zonasi yang memang kerap bersoal. Untuk itu, dia menyiapkan posko pengaduan di setiap kantor cabang dinas dan di Disdik.

Heri mengaku, sudah menjalin kerja sama dengan PT Telkom untuk memastikan kondisi jaringannya aman. “Jangan sampai ada masalah lagi nanti. Makanya kita percaya Telkom karena kemampuan jaringannya sudah teruji. Mereka juga siapkan aplikasinya,” tambahnya.

Kepala Bidang Pembinaan SMA Disdik Sulsel Idrus mengatakan draf persiapan PPDB sisa menunggu persetujuan. Jika sudah menjadi Pergub, pihaknya akan segera menyosialisasikan ke setiap sekolah.

“Jadwalnya sudah kita rencanakan mulai Juni dan Juli. Karena Juli itu sudah masuk tahun ajaran baru. Kami upayakan tahun ini, meminimalisir masalah-masalah yang muncul seperti tahun sebelumnya,” tambahnya.

  • Bagikan