Bank Sulselbar dan Kejati Sulbar Jalin Kerjasama Penanganan Masalah Hukum

Jumat, 7 Mei 2021 11:24

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Bank Sulselbar dan Kejati Sulbar melakukan kerjasama penanganan masalah hukum. Dengan kerjasama ini diharapkan dapat turut berkontribusi menurunkan NPL.

Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dan Barat (Bank Sulselbar), melakukan penandatanganan kerja sama (MoU) dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulbar terkait penanganan masalah hukum di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Rabu, 5 Mei.

Kerja sama tersebut diteken langsung oleh Direktur Utama Bank Sulselbar, Amri Mauraga dengan Kepala Kejati Sulbar Johny Manurung.

Pemimpin Departmen Hukum dan Kesekretariatan Bank Sulselbar, Syahrul Upe menjelaskan, kerja sama yang diinisiasi oleh Bank Sulselbar tersebut mendapat respons positif dari pihak Kejati Sulbar.

Syahrul menguraikan bentuk kerjasama antara keduanya instansi pemerintah tersebut yakni nantinyaKejati Sulbar akan membantu Bank Sulselbar terkait permasalahan hukum, baik itu posisi sebagai penggugat atau tergugat khusus di bidang perdata dan tata usaha negara.

“Kedepannya jika misalnya ada permasalahan hukum terhadap Bank Sulselbar, baik itu penggugat atau digugat khusus di bidang perdata dan tata usaha negara nanti diwakili pihak Kejati Sulbar,” jelasnya saat dikonfirmasi, Kamis (6/5/2021).

Di sisi lain Syahrul berharap dengan adanya kerjasama tersebut, berpotensi meminimalisir non performing loan (NPL) karena penagihan ke nasabah melalui pendekatan hukum dapat dimaksimalkan. Kredit macet dan aset yang tersangkut masalah hukum dapat segera mendapatkan pengawalan hukum dari Kejati Sulbar.

Setelah MoU antara Bank Sulselbar dan Kejati Sulbar, diharapkan dapat berlanjut hingga ke tingkat cabang. Artinya, masing-masing cabang Bank Sulselbar di kabupaten dan kota di Sulbar bisa melakukan kerja sama dengan pihak Kejari.

Menurut Syahrul, kerja sama dengan Kejati terkait penanganan hukukm tidak berhenti hanya di Provinsi Sulbar saja, tapi juga segera direalisasikan di Sulsel.

Komentar

VIDEO TERKINI