Kominfo Luncurkan Si Modis Lutra, Diharap Jadi Cikal Bakal Bank Data IT

  • Bagikan

Fajar.co.id, Luwu Utara -- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Luwu Utara kembali meluncurkan sebuah inovasi yang diberi nama Sistem Monitoring dan Evaluasi Pra Mandiri SPBE atau Si Modis Lutra.

Inovasi ini resmi di-launching Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Jumat (7/5/2021) kemarin, di Ruang Command Center Kantor Bupati, yang juga dirangkaikan dengan Penandatanganan MoU antara Pemda Lutra dan ITS Surabaya di Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Si Modis Lutra diharapkan akan menjadi cikal bakal terbentuknya Bank Data IT di Kabupaten Luwu Utara. Kepala Bidang e-Gov Kominfo Luwu Utara, yang juga inovator Si Modis Lutra, Nirwan Syakir, mengatakan bahwa inovasi ini merupakan aksi perubahan peningkatan kinerja organisasi terkait indeks SPBE Luwu Utara.

“Inovasi ini akam menginternalisasi proses monitoring dan evaluasi SPBE sampai ke seluruh Perangkat Daerah (PD) terkait, sehingga PD terkait diberi akses untuk memasukkan data dan informasi sesuai tusi dan tanggung jawabnya dalam penyelenggaraan SPBE secara daring,” jelas Nirwan.

Selain itu, lanjut Nirwan, dengan Si Modis Lutra, PD terkait nantinya akan memeroleh gambaran capaian, saran, dan perbaikan indeks SPBE Pra Mandiri sebelum evaluasi mandiri dan dievaluasi oleh asesor eksternal Kementerian PAN-RB, dalam hal ini, ITS Surabaya.

“Kita juga tentu berharap kehadiran Si Modis Lutra menjadi sarana untuk menyatukan visi dan membangun kolaborasi SPBE antara Tim Koordinasi SPBE dan Evaluasi Internal SPBE,” ucap Nirwan.

  • Bagikan