Jelang Idulfitri, Pemkab Sinjai Pastikan Daging Aman Dikonsumsi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai memastikan kesehatan daging sapi yang dijual jelang Idul Fitri 1442 Hijriah, sehat dan aman untuk dikomsumsi.

Kepala Dinas PKH, H. Burhanuddin mengungkapkan bahwa untuk memastikan peredaraan daging di pasaran aman dan sehat, pihaknya menugaskan petugas keswan untuk melakukan pemantauan dan pemeriksaan sapi yang siap dipotong.

“Saya sudah menugaskan teman-teman disetiap kecamatan untuk melakukan pemantauan atau pemeriksaan kesehatan hewan yang akan dipotong,” ujarnya saat ditemui di Kantornya, Selasa (11/5/2021).

Memang kata Burhanuddin, para petugas kesehatan itu rutin memeriksa status kesehatan hewan yang bakal dipotong. Petugas itu tersebar di delapan Kecamatan yang ada di Kabupaten Sinjai.

“Ditugaskan di delapan kecamatan, kecuali pulau sembilan karena disana tidak ada populasi sapi potong. Jadi diiluar Sinjai Utara kita sudah tugaskan petugas untuk mengawasi terutama sapi-sapi yang siap dipotong,” ujarnya.

Selain menjamin kesehatan daging yang beredar dimasyarakat, Burhanuddin juga menjamin stok daging jelang Idul Fitri.

“Kalau di Sinjai sekarang stok populasi kita yang siap dipotong kurang lebih 12.000 ekor, terdiri dari jantan yang siap potong itu 7.800 ekor, sisanya itu sapi-sapi yang umurnya diatas 8 tahun,” tandasnya. (sir)

  • Bagikan