Ini Penjelasan BPBD Terkait Tanah Longsor di Sinjai Tengah

Jumat, 14 Mei 2021 19:46

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Bencana tanah longsor kembali melanda wilayah Kecamatan Sinjai Tengah yang menimpa salah seorang rumah warga bernama Yusuf, tepatnya di Dusun Manubbu, Desa Pattongko. Jumat, (14/05/2021)

Menurut pengakuan salah seorang warga setempat, kejadian tersebut bermula dari retaknya jalan yang menghubungkan Desa Pattongko dan Desa Bonto sekitar pukul 08.00 WITA, dimana pemilik rumah bersama keluarga yang diketahui berjumlah 7 orang sedang melakukan sarapan.

Informasi tersebut sampai kepada Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sinjai, Drs. Budiaman sekitar pukul 10.30 WITA.

“Jadi informasi awal yang kami terima dari pak Camat Sinjai Tengah itu adalah kejadian jalan retak, belum longsor,” katanya saat ditemui di lokasi.

Ini juga menjadi peringatan bagi kita semua kata Budiaman, untuk membangun kesadaran warga Sinjai agar tidak mendirikan bangunan rumah pada daerah rawan bencana.

“Kami menemui pak Yusuf selaku pemilik rumah dan alhamdulillah, dengan kesadarannya bersama orangtuanya, rumahnya telah kami bongkar dan kita akan melakukan relokasi,” tambahnya.

Pengakuan salah seorang warga, adapun barang-barang berharga milik korban seperti kulkas dan gabah berhasil diselamatkan setelah terjadinya keretakan jalan.

Kejadian longsor ini juga menurut Budiaman, menaruh perhatian yang begitu besar dari Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).

“Perhatian bapak Bupati juga begitu besar terhadap kejadian ini, saya beberapa kali mendapat petunjuk melalui Whatsapp sampai Kepala Dinas Sosial juga turun tangan bersama TAGANA,” tandasnya.

Selain BPBD, juga turut langsung memantau kejadian di lokasi terjadinya longsor diantaranya, Kepala Dinas Sosial A. Muhammadi Idnan beserta TAGANA, Camat Sinjai Tengah Muh. Jufri dan pemerintah Desa Pattongko. (sir)

Komentar

VIDEO TERKINI