Tekan Laju Pengangguran, Disnaker Diklat 80 Pencaker

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PAREPARE – Sedikitnya 80 orang pencari kerja (Pencaker) mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) berbasis kompetensi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Parepare. Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Parepare, Abd Latif, di Aula di Balai Pelatihan Kerja (BLK) Kota Parepare, Rabu 19 Mei 2021.

Peserta umumnya warga Parepare yang saat ini dalam kondisi tidak memiliki pekerjaan. Rencananya kegiatan ini berlangsung selama satu bulan dengan menggunakan dana APBN Kementerian Ketenagakerjaan yang disalurkan melalui Balai Latihan Kerja Makassar.

Kadis Tenaga Kerja, Abd Latif menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menekan laju angka Tingkat Penganguran Terbuka ( TPT) yang selama tahun 2020 lalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Yakni dari 6,81 persen tahun 2019 menjadi 7.47 persen pada tahun 2020.

Namun peningkatan sebesar 0,66 persen dibanding tahun 2019 tersebut, kata Abd Latif, bukan semata disebabkan pandemi Covid 19, namun karena adanya antirian angkatan kerja baru yang membutuhkan lapangan kerja yang jumlahnya sangat besar.

“Data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dimuat dalam buku Parepare dalam angka tahun 2021, angkatan kerja Kota Parepare tahun 2020 sebesar 72.372 orang. Angka ini cukup tinggi dibanding angkatan Kota Parepare tahun 2019 yang hanya 66.435,” paparnya.

Abd Latif berharap, pelatihan tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta, mengingat kondisi pasar kerja yang semakin kompetitif. Ia juga meminta peserta pelatihan untuk berpikir kreatif inovatif serta membekali diri dengan skill sesuai yang dibutuhkan pasar kerja.

  • Bagikan