Tiga Staf Ahli Menkopolhukam Sambangi Kanwil Kemenkumham Sulsel

  • Bagikan

Sementara itu Laksda TNI Yusup mengungkapkan bahwa perlu ada tindakan khusus terhadap imigran gelap dan pengungsi agar nantinya tidak membebani negara.

Kemudian Mayjen TNI Rukhman Ahmad menyampaikan bahwa keberadaan imigran gelap harus diketahui asal-usul dan tujuannya karena hal ini menyangkut dengan keamanan negara.

“Akses keamanan dan masalah sosial, kita harus lihat juga dari sisi apakah kelompok ini murni hanya imigran gelap mencari hidup atau lanjut ke negara lain. Ini harus diwaspadai dan jangan sampai dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk hal-hal yang kaitannya dengan keamanan negara," ujar Rukhman.

Sahli Asmarni sependapat dengan Mayjen TNI Rukhman bahwa pembiaran imigran gelap akan menjadi beban negara dan keamanan negara terganggu. Untuk itu perlu ada desakan terhadap UNHCR untuk mencari negara ketiga.

Hadir dalam acara tersebut Kadiv Keimigrasian Dodi karnida, Kepala Kantor Imigrasi Makassar Agus Winarto, Kepala Rudenim Makassar Alimuddin, Kabid Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Mirza Akbar, Kasubbid Intelijen Keimigrasian Eko Juniarto dan Kasubbid Penindakan Keimigrasian Kamaluddin. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version