Gerakan Unhas Mengaji dan Salat Berjamaah Bahas Solidaritas Muslim Palestina

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Gerakan Mengaji dan Sholat Berjamaah (GUMSB). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) bertindak sebagai tuan rumah. Kegiatan yang menjadi agenda rutin Unhas setiap pekan ini berlangsung mulai pukul 16.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (25/05).

Dekan FMIPA Unhas Dr. Eng. Amiruddin, M.Si., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran virtual semua pihak dalam GUMSB. Menurutnya, kehadiran GUMSB akan memberikan dampak positif terhadap aktivitas keseharian termasuk pembelajaran dan dapat diimplementasikan untuk membangun keharmonisan diantara sivitas akademika Unhas.

Kegiatan resmi dibuka oleh Sekretaris Majelis Wali Amanat Prof. Dr. Indrianty Sudirman. Dalam sambutannya, Prof. Indri menuturkan GUMSB merupakan kegiatan yang menyeimbangkan ilmu dan agama. Dalam tujuan jangka panjang Unhas disepakati untuk menghasilkan insan cendekia berkarakter mulia, sehingga GUMSB menjadi bentuk implementasinya.

Hadir sebagai narasumber untuk mengisi sesi ceramah Islamiah yakni Ust. Prof. Dr. H. Darussalam Syamsuddin, M.Ag., yang menyampaikan terkait "Solidaritas Muslim Terhadap Perjuangan Palestina".

Prof. Syamsuddin menjelaskan jika membahas tentang solidaritas, sudah sangat jelas digambarkan dalam Al-Quran Surah Ali-Imran ayat 103. Sebagai sesama muslim, banyak hal yang dapat dilakukan, salah satunya melalui do’a dan gerakan kemanusian dengan membantu perjuangan Palestina. Al-Quran surah Al-Hujurat ayat 10 juga memberikan gambaran serupa, bagaimana sesungguhnya persaudaraan umat muslim.

  • Bagikan