PPDB Online Parepare Digelar 22 Juni, Ini Empat Jalur Seleksi yang Dibuka

Rabu, 26 Mei 2021 14:28

FAJAR.CO.ID, PAREPARE – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare telah menjadwalkan rencana Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk Tahun ajaran 2020/2021.

Seluruh proses pendaftaran akan PPDB Kota Parepare dilakukan secara online mulai dari tingkat Dasar hingga Menengah, yang akan dibuka 22 Juni mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Arifuddin Idris.

Arifuddin Idris menjelaskan, teknis PPDB dilakukan merujuk berdasarkan Permendikbud Nomor 1 tahun 2021 dengan membuka 4 jalur seleksi. Untuk SD dan SMP, yaitu Jalur zonasi, jalur pendaftaran bagi anak-anak yang berdomisili dekat dengan sekolah yang ada di wilayahnya.

“Kemudian jalur afirmasi. Jalur ini memberikan kesempatan lebih besar bagi anak-anak dari keluarga tidak mampu untuk mengakses pendidikan bermutu dan disubsidi Pemerintah,” ungkap Arifuddin.

Selanjutnya jalur mutasi, yakni jalur yang memberikan kesempatan untuk anak-anak dari keluarga pindah tugas dan anak guru ingin bersekolah di tempat orang tuanya bertugas atau sekolah yang dekat dari kantor orang tuanya.

Keempat jalur Prestasi, merupakan bentuk apresiasi pada anak-anak yang telah menunjukkan prestasi akademik maupun prestasi non akademik. (*)

Komentar

VIDEO TERKINI