Hamzah Hamid: Tidak Ada Kader PAN Pindah Haluan ke Partai Ummat

  • Bagikan

Adanya sosok Amien Rais di belakang Partai Ummat ini pun diproyeksi memberikan dampak yang besar. Terutama akan menggerus kekuatan PAN.

"Tokoh sentral yakni Amien Rais punya basis yang sangat loyal. Nah, jika loyalis di daerah berhasil masuk, tentu akan semakin banyak kader yang bisa mereka rekrut," tegasnya.

Maka menurutnya, kehadiran Partai Ummat tak boleh dipandang sebelah mata oleh PAN maupun partai lain. Potensi partai Ummat untuk menjadi kekuatan politik baru sangat mungkin terjadi.

"Ini tantangan ke PAN, sebab kita paham bahwa PAN itu afiliasinya dari Muhammadiyah dan pemilih Muhammadiyah. Sementara kini tokoh sentral di Muhamadiyah gabung ke partai Ummat juga," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menegaskan tak risau, galau dan merana soal kehadiran Partai Ummat yang didirikan Amien Rais, mantan pendiri dan Ketua Umum PAN.

Ia justru mengucapkan selamat datang pada Partai Ummat yang sudah deklarasi sebagai partai baru dengan dewan Syuro Amien Rais. PAN berharap partai ini bisa seperti partai lain melaksanakan fungsi konstitusionalnya menjaga dan memperjuangkan kepentingan rakyat dan kelembagaan demokrasi.

”Kalau ada mantan anggota pengurus PAN yang masuk Partai Ummat, nggak bedol desa (tidak begitu berpengaruh). Hanya bagian kecil, tak signifikan,” papar Viva.

Dia menambahkan, pihaknya memasang beberapa strategi yang diutamakan pada soliditas kader. Yakni konsolidasi organisasi. Selain itu, membuat program pemenangan pemilu dengan membuat spesifikasi per daerah. (endra/fajar)

  • Bagikan