Wabup Jeneponto Ikuti Rakor Nasional Wasin yang Dibuka Presiden, Ini Penegasan Jokowi

Kamis, 27 Mei 2021 13:29

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jeneponto mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Nasional Pengawasan Intern Pemerintah (WASIN) yang dilaksanakan secara virtual, Kamis, 27 Mei 2021.

FAJAR.CO.ID, JENEPONTO — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jeneponto mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Nasional Pengawasan Intern Pemerintah (WASIN) yang dilaksanakan secara virtual, Kamis, (27/5/2021).

Pada acara rakor itu, Pemkab Jeneponto, diikuti oleh Wakil Bupati, Paris Yasir bersama, Kepala Inspektorat Jeneponto Maskur, Kadis Kominfo, Manrancai Sally, dan Sekretaris Inspektorat Mustakin.

Wabup bersama beberapa pejabat Pemkab Jeneponto itu mengikuti rakor dengan tema Kawal Efektifitas Belanja, Pulihkan Ekonomidi ruang rapat Wabup, jantor Bupati Jeneponto, di jalan Lanto Daeng Pasewang, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Rakor WASIN itu dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan diikuti oleh Pemerintah Provinsi, Kabupaten Kota se Indonesia.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi menegaskan berbagai hal terkait dengan penguatan peran Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

“APIP dalam hal ini Inspektorat, BPK dan BPKP memiliki fungsi untuk mencapai tujuan pembangunan,” kata Presiden Joko Widodo.

Presiden Indonesia dua periode itu juga menegaskan, yang ditunggu oleh rakyat adalah hasilnya dan manfaat dari setiap uang yang dibelanjakan. Tidak ada yang disalahgunakan, apalagi dikorupsi.

“Saya tegaskan tidak ada toleransi terhadap korupsi dan penyalahgunaan uang negara,” tegas Jokowi.

Presiden menjelaskan, tahun 2021 merupakan tahun percepatan pemulihan ekonomi nasional. Pemulihan ini harus digenjot karena pertumbuhan ekonomi di kwartal I masih minus 0.74 persen.

“BPK, BPKP orkestrasinya harus betul dan dikelola dengan baik. Ada 700 trilyun anggaran pemulihan ekonomi yang harus direalisasikan, berlandaskan azas akuntabilitas, efisiensi dan efektifitas,” ujarnya.

Presiden Jokowi juga menekankan tiga point strategis yang harus dijalankan oleh APIP, yakni Percepatan belanja pemerintah terus dikawal dan ditingkatkan.

Komentar

VIDEO TERKINI