Semasa Aktif Jabat Gubernur, NA Jadi Kepala Daerah Pencetus Arsinum bagi Warga Pulau

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Instalasi unit Pengelolaan Air Siap Minum (Arsinum) yang dirintis oleh Gubernur Sulsel nonaktif, Prof HM Nurdin Abdullah sudah berlangsung dan dimanfaatkan masyarakat. Ada beberapa pulau di Kota Makassar yang telah mendapat fasilitas kebutuhan dasar tersebut, yakni Pulau Samalona, Pulau Barang Caddi, serta dua pulau terluar Pulau Lanjukang dan Pulau Langkai.

Senyum Sanimah, salah seorang warga Pulau Lanjukang merekah lebar. Selama puluhan tahun bermukim, kini ia bisa menikmati pasokan air minum bersih siap minum dengan harga yang sangat terjangkau dan jadi pelepas dahaga sehari-hari. 

Dibalik atas apa yang menimpa Gubernur Sulsel Nonaktif tersebut, penghuni pulau menganggap Prof Nurdin Abdullah adalah sosok pemimpin berjasa juga peduli karena telah memperhatikan kebutuhan dasar warga pulau. Dahulu, kata Sanimah, demi air minum yang bersih, warga pulau terpaksa menyeberang ke Kota Makassar membeli air dengan ongkos yang tidak sedikit. 

Jika keadaan cuaca tidak memungkinkan, warga menunggu air bersih datang hingga berhari-hari, sembari menanti warga hanya bisa minta sumbangan air dari tetangga yang masih memiliki stok. Terkadang, juga hanya memanfaatkan air hujan.

"Terima kasih pak Nurdin Abdullah, besar sekali pengorbanan bapak untuk Pulau Lanjukang. Seandainya bukan dia, tidak ada fasilitas Arsinum seperti ini yang bisa digunakan untuk minum dan masak nasi. Kita terus mendoakan pak Nurdin," ujarnya ditemui beberapa waktu lalu.

Selama aktif sebagai Gubernur Sulsel, sosok Nurdin Abdullah memang dikenal berkomitmen akan mensejahterahkan warga kepulauan. Tak hanya memenuhi kebutuhan air minum dan air bersih, tetapi juga infrastruktur jalan, listrik, dan pendidikan.

  • Bagikan