Jangan Minum Teh Seperti Ini, Bisa Berbahaya

  • Bagikan

"Sebenarnya yang dikhawatirkan kalau minum teh setelah makan adalah kandungan asam fitratnya menghambat penyerapan nutrisi, tapi tetap nutrisi diserap, hanya terhambat," kata Irma.

2.Merendam kantong teh terlalu lama

Teh celup memang simpel, cukup rendam dalam air panas, tanpa perlu saringan teh Anda siap disajikan. Namun merendam teh celup lebih dari tiga menit bisa membuat teh Anda jadi beracun dan kehilangan nutrisinya.

MenurutĀ Cup Above Tea, partikel kantong teh bisa terjatuh dan larut dalam teh yang Anda konsumsi.

Selain itu, menurutĀ Halodoc, kantong teh yang dicelup terlalu lama menyebabkan teh menjadi kental dan merusak rasa. Konsistensi teh kental bisa mengganggu kerja ginjal.

Simak kesalahan minum teh lainnya yang bikin jadi tak sehat di halaman berikut.

3. Air terlalu panas

Suhu air yang digunakan untuk menyeduh teh dapat mempengaruhi rasa. Beberapa jenis teh membutuhkan suhu air yang berbeda-beda.

Air yang terlalu panas dapat membuat teh Anda pahit. Sementara jika airnya kurang panas, daun teh tidak akan terekstraksi dengan baik hingga nutrisinya tak sempurna.

Tentunya setiap orang ingin teh dalam cangkirnya memiliki manfaat optimal. Ketahui jenis teh yang Anda pakai dan berapa suhu air panas yang tepat.

Jenis teh hitam yang biasa ada di pasar Indonesia membutuhkan suhu air 90 derajat celcius agar terekstraksi sempurna, sementara teh hijau butuh 70-80 derajat celcius.

4. Membiarkan daun teh terendam di teko

Ada satu kesalahan yang paling sering dilakukan orang ketika menyeduh teh, yaitu membiarkan daun teh di teko tanpa menyaringnya.

  • Bagikan