FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 yang berlangsung satu tahun lebih membuat bisnis semakin menantang. Tapi bagi perusahaan yang jeli, akan memanfaatkan situasi yang ada untuk berinovasi mengubah tantangan menjadi peluang, dan mengambil kesempatan untuk merebut pasar dan memenangkan persaingan.
Inovasi dalam sebuah bisnis pada dasarnya adalah menciptakan produk yang memberikan solusi atas kondisi yang sedang terjadi. Seperti pada situasi pandemi, masyarakat membutuhkan produk atau layanan yang semula belum tersedia. Dengan menjawab kebutuhan, tentu sebuah produk akan dibeli, bahkan jika sebuah produk adalah sesuatu yang baru, akan berpeluang untuk menjadi pionir di kategorinya.
TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand mengungkap, ada 300 lebih brand telah melakukan inovasi dalam 1 tahun terakhir. Adapun inovasi yang dilakukan sebagian besar untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan solusi di tengah situasi pandemi covid-19.
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia mengungkapkan, inovasi adalah sebuah keniscayaan untuk keberlangsungan sebuah brand. Inovasi tidak mengenal besar atau kecilnya sebuah perusahaan, karena inovasi merupakan ruh sebuah bisnis. Sementara, inovasi dan menjadi yang pertama di kategori bisnis, secara nyata telah memberikan dampak yang positif bagi sebuah brand. Bahkan, dari sisi kacamata konsumen, inovasi tersebut menjadi tools konsumen untuk mengenali sebuah produk/jasa.
“Dari sisi perusahaan, kreatifitas untuk menciptakan sebuah inovasi telah menggerakan perusahaan lebih cepat lagi melahirkan inovasi-inovasi terbaru untuk bersaing dan merebut market,” ungkap Tri yang dikenal sebagai Pengamat dan Peneliti Brand di Indonesia ini.