PMI Krisis Darah, 600 Prajurit Kodam XIV Hasanuddin Donorkan Darahnya

Senin, 31 Mei 2021 13:26

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sejumlah 600 prajurit Kodam XIV Hasanuddin melakukan aksi donor darah di lapangan M Yusuf, Makodam XIV Hasanuddin, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Senin (31/5/2021).

Aksi donor darah tersebut merupakan kepedulian TNI untuk masyarakat. Diketahui saat ini Makassar sedang mengalami krisis darah, sehingga aksi ini diharapkan dapat menyuplai darah untuk sementara.

“Ini merupakan bentuk kepedulian nyata kami untuk masyarakat. Selain itu kegiatan ini untuk menyuplai stok darah di PMI,” Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno pada sambutannya.

Aksi ini juga merupakan rangkaian hari jadi Kodam XIV Hasanuddin yang ke -64 yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2021, esok.

Sementara itu, Ketua PMI kota Makassar, Syamsu Rizal menyampaikan rasa syukurnya dengan adanya aksi sosial ini.

Deng Ical sapaan akrabnya, menerangkan bahwa saat ini stok darah di PMI kota Makassar sedang kritis, olehnya ia berhadap dengan adanya giat ini mampu mengisi stok darah yang ada.

“Kami dari PMI kota Makassar sangat mengapresiasi dan berterima kasih banyak atas kepedulian pak Pangdam untuk membantu PMI menyediakan stok darah untuk masyarakat,” ujar Ical.

Untuk diketahui, saat ini stok darah di PMI kota Makassar hanya 488 kantong darah. Angka tersebut sudah masuk dalam kondisi kritis.

Kondisi ini terjadi akibat pandemi Covid-19. Apalagi tidak ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pendonor jika ingin mendonorkan darahnya dimasa Covid-19.

“Kalau yang tidak pernah kena Covid-19, bisa silahkan. Kalaupun yang sudah terpapar harus tiga bulan setelah terkonfirmasi virus ini. Terus yang sudah vaksin harus setelah disuntik dua kali,” tukasnya. (Zaki/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI