Jangan Khawatir ke Klinik Kecantikan, Cukup Jaga Protokol Kesehatan

Selasa, 1 Juni 2021 15:04

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Masa pandemi beragam cara dilakukan usaha agar bisa terus survive. Mengikuti perkembangan jaman dan proteksi ganda alat-alat yang digunakan, salah satu caranya.

Sebut saja salah satunya di salon atau klinik kecantikan, memberikan proteksi lencegahan covid dengan menyiapkan satu ruangan dan satu alat untuk satu pelanggan.

Dokter Klinik Kecantikan HOB Clinic Makassar, dr Catrine mengatakan saat ini banyak masyarakat yang ingin perawatan tetapi takut. Untuk bisa tetap survive, mesti membuat konsep dengan menawarkan cara yang safety.

Salah satunya untuk perawatan mekap. Alat mekap seperti lipstik, disediakan brush atau juas bibir sekali pakai. Sehingga mereka yang menggunakan lipstik, bibirnya tidak menyentuh langsung.

“Jadi pelanggan busa tetap aman. Tak hanya lipstik, alat seperti spons juga untuk sekali pakai,” ucapnya.

Selain itu kata dr Catrine, pelanggan bisa juga meminta jika ingin menggunakan lipstiknya sendiri. Ataukah meminta ingin memakai satu lisptik saja khusus dipakai sendiri.

Tak hanya alat yang dipakai untuk satu pelanggan. Namun beberapa klinik atau salon kecantikan ada yang memakai metode satu ruangan untuk satu orang.

Dokter Kecantikan Eternal Moore, dr. Yuliana Siajadi M Biomed mengatakan  setiap lantai memiliki ruangan khusus tiap pasien. Dengan kata lain, satu ruangan satu pasien. Setiap pergantian pasien, selalu dilakukan double steril.

“Ruangan dan alat-alat perawatan yang dipakai dibersihkan, tidak hanya disemprot disinfektan namun juga dengan menggunkan lampu UV khusus selama 15 menit dan dilanjutkan pemasangan seprei sekali pakai,” ucapnya.

Dosen Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku FKM Unhas, Suriah mengatakan tak hanya pakaian, namun ruangan dan alat-alat yang dipakai secara bergantian juga mesti diperhatikan. Perhatikan bahwa semuanya bersih sebelum dipakai kembali oleh orang lain.

Komentar

VIDEO TERKINI