PMI Massifkan Aksi Donor Peringati Hari Donor Darah Sedunia

Selasa, 1 Juni 2021 10:42

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar akan memperingati hari donor darah sedunia. Kegiatan ini berlangsung mulai besok 1 sampai 30 Juni mendatang.

Wakil Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Makassar, Khudri Arsyad menyebut peringatan donor darah sedunia sebenarnya jatuh pada 14 Juni. Tetapi, pihaknya sengaja memperingatinya lebih awal.

“Jadi semua kegiatan itu dalam rangka donor darah sedunia. Tapi puncaknya itu tanggal 14 Juni,” ujar pria yang akrab disapa Udri ini, Senin (31/05/2021).

Selama peringatan, diungkapkan Udri, bakal ada kegiatan donor darah berhadiah. Yakni diskon atau potongan harga tiket masuk ke Bugis Waterpark.

“Jadi mulai 1 Juni, kita kerjasama dengan Bugis Waterpark. Jadi setiap pendonor akan dapat harga khusus. Tidak main-main ini bisa sampai diskon 70 persen. Jadi misalnya Rp30 ribu untuk dua orang,” ungkap Udri.

Pihaknya diketahui tengah memassifkan donor darah. Dibeberkan Udri, saat ini stok darah masih menipis. Sejauh ini hanya ada 488 kantong tersedia.

“Hampir semua jenis dan komponen minim. Bahkan, 70 persen berasal dari donor keluarga atau donor pengganti,” tambahnya.

Olehnya itu, agenda ini diharapkan mampu menambah stok kantong darah sebanyak mungkin. Mengingat permintaan darah setiap harinya juga banyak. (Zaki/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI