Salman Subakat Ajak Jurnalis Berinovasi dan Kolaborasi Majukan Dunia Pendidikan

Selasa, 1 Juni 2021 20:56

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Chief Executive Officer (CEO) PT Paragon Technology and Innovation (PTI) Salman Subakat menilai inovasi sangat dibutuhkan dalam ekosistem pendidikan.

Menurutnya, inovasi harus dibarengi dengan kolaborasi dari berbagai pihak, termasuk peranan komunitas peduli pendidikan dengan gerakan komunitasnya yang menggerakkan, baik interaksi dan nilai yang bisa dibagi bersama kepada masyarakat.

Mengenai strategi dan inovasi terkemuka, urai Salman, harus benar-benar jelas dan melewati suatu proses. Selain itu, harus mengenal faktor internal dan eksternal, being resourceful , network internal dan external.

“Inovasi butuh strategi kolaborasi, dan juga jangka waktu yang panjang. Kalauterlalu mudah, berarti kita belum membuat inovasi itu jadi strategik,” urainya dalam perbincangan dengan belasan wartawan peserta Fellowship Jurnalisme Pendidikan yang digelar oleh Gerakan Jurnalis Peduli Pendidikan (GJPP), Selasa (1/6/2021).

Dibutuhkan kerja sama lintas pemangku kepentingan di semua level jika ingin memajukan bangsa dengan menjadikan pendidikan sebagai arus utama. Membangun ekosistem pendidikan yang baik dan berkualitas dimulai dari kolaborasi semua stake holder.

Karya jurnalis, beber CEO Paragon Technology and Innovation, yakni pemberitaan, juga merupakan bagian dari ekosistem. Jurnalis menulis dengan melihat persoalan pendidikan di sekitarnya dengan permasalahan berbeda di setiap daerahnya. Selain itu, menjadi jendela bagi komunitas untuk belajar dari komunitas lainnya.

“Pemikiran narasumber bisa ditransfer ke pembaca melalui tulisan yang dibuat oleh jurnalis, “ungkap alumni Teknik Elektro ITB 1998 ini.

Ia berharap peran jurnalis dalam memajukan pendidikan di Indonesia, apalagi membangun dunia pendidikan tidak hanya tanggung jawab negara semata. Jurnalis merupakan marketer dengan nilai-nilai yang baik sesuai dengan kaidah jurnalistik.

Apa yang ditulis Jurnalis, kata Salman, tentu dibaca dan dijadikan rujukan dan bahan untuk membuat kebijakan, termasuk di sektor pendidikan itu sendiri.

Komentar

VIDEO TERKINI