Basarnas Sulsel Gelar Latihan SAR di Selayar, Libatkan 90 Orang

Rabu, 2 Juni 2021 15:52

FAJAR.CO.ID, SELAYAR– Sebagai upaya meningkat kemampuan dan koordinasi dalam penyelenggaraan SAR di wilayah kerjanya, Basarnas Sulsel melaksanakan kegiatan melibatkan 90 orang peserta yang terdiri dari berbagai Instansi dan Organisasi Kemasyarakatan di Kepulauan Selayar. Dua kegiatan yang dilaksanakan ini, yakni Latihan SAR Daerah dan Pelatihan Potensi SAR di permukaan air resmi dibuka di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Rabu, 2 Juni 2021.

Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk menyiapkan sumber daya yang memiliki kompetensi dan pengetahuan dalam penyelenggaraan operasi SAR, khususnya di Kepulauan Selayar.

“Basarnas Sulsel dengan luas wilayah kerja yang luas memiliki jumlah personel yang terbatas. Karenanya, kami berharap dengan kegiatan ini bisa memberi pengetahuan dan kompetensi kepada peserta agar menjadi potensi-potensi SAR yang bisa membantu dalam penyelenggaraan operasi di Selayar”, terang Djunaidi.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa Basarnas dengan melihat potensi kecelakaan kapal yang selama ini terjadi di Selayar serta letak geografis yang terdiri dari 130 pulau, sangat terbatas jumlah personelnya. Karenanya, diakui bahwa Basarnas sangat berharap dengan hadirnya kegiatan Latihan dan Pelatihan ini bisa menjadi wadah untuk menyamakan persepsi dan menyatukan visi dalam penyelenggaraan operasi SAR di masa akan datang.

Sementara itu Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arif, yang membuka pelaksanaan kegiatan, dalam sambutannya memuji Basarnas Sulsel yang telah memilih Kepulauan Selayar sebagai lokasi kegiatan. Saiful, menyampaikam terima kasih tak terhingga, sebab dari banyaknya daerah di Sulawesi Selatan, Selayar dipilih untuk pelaksanaan kegiatan.

Saiful juga berharap dengan hadirnya kegiatan ini bisa memberi nuansa pengetahuan kepada peserta sehingga dapat membantu Basarnas memberi respon cepat dalam pelaksanaan operasi SAR saat masyarakat membutuhkan.

Komentar

VIDEO TERKINI