Gratis, PDAM Makassar Ganti Meteran Pelanggan Berusia di Atas Lima Tahun

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Makassar mulai melakukan pergantian meteran air pelanggan, Jalan Sukaria, Kecamatan Panakkukang Kota Makassar, Kamis (3/6/2021).

Pergantian ini dipimpin langsung Dirut PDAM, Hamzah Ahmad. Bahkan empat meteran warga ditangani langsung Hamzah. Pergantian meteran pun tidak dipungut biaya alias gratis.

Hamzah Ahmad menjelaskan, meteran air yang diganti adalah meteran pelanggan yang sudah berusia di atas lima tahun. Hal ini merupakan salah satu upaya PDAM Makassar untuk menekan tingkat kebocoran air.

Menurutnya, ada tiga penyebab PDAM Makassar kehilangan air. Di antaranya, kebocoran pipa, meter bermasalah, dan pencurian air.

"Jadi dari tiga masalah tingkat kebocoran air, pergantian meteran ini yang paling cepat bisa kita lakukan, karena kalau tidaj diganti segera banyak potensi pendapatan kita yang hilang," tegas Hamzah.

Dia berharap pergantian meteran ini bisa tuntas paling tidak tahun ini. Apalagi meteran air pelanggan yang kondisinya tidak layak ini sudah menjadi rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tiap tahunnya.

"Sampai tuntas 133 ribu meter. Tidak boleh tidak tuntas karena rekomendasi BPK," ujar dia. (ikbal/fajar)

  • Bagikan