Kapal Berpenumpang 9 Orang Terbakar, Begini Simulasi Latihan SAR Basarnas Sulsel

Kamis, 3 Juni 2021 14:53

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA– Sebuah kapal dengan 9 orang POB dilaporkan terbakar dalam pelayaran dari pelabuhan Ujungloe Bulukumba menuju Pelabuhan Rauf Rahman Benteng Kepulauan Selayar. Semua penumpang meloncat menyelamatkan diri ke laut di sekitar perairan Benteng Selayar.

Tim Basarnas Sulsel yang menerima informasi langsung bergerak menuju ke lokasi kejadian dengan menggunakan Kapal KN SAR Kamajaya 104 dibantu RIB milik Pos SAR Selayar dan Kapal Syahbandar Selayar.

Proses evakuasi yang dilakukan Tim Basarnas bersama Potensi yang ada berhasil mengevakuasi sembilan korban ke pantai Marina Selayar. Seperti itulah kondisi simulasi operasi SAR kecelakaan kapal terbakar pada Latihan SAR Daerah yang dilaksanakam Basarnas Sulsel di Kepulauan Selayar, Kamis, 3 Juni 2021.

Pelaksanaan kegiatan simulasi ini disaksikan langsung oleh Wakil Bupati dan Forkopimda Kepulauan Selayar beserta Pimpinan Instansi tingkat daerah. Kepala Basarnas Sulsel yang hadir menyampaikan bahwa dipilihnya Kepulauan Selayar sebagai tempat dilaksanakannya Latihan SAR Daerah karena tingkat penyelenggaraan operasi, utamanya kecelakaan kapal di wilayah kerja Pos SAR Selayar terbilang tinggi.

“Sengaja kita laksanakan di Selayar agar pimpinan Lembaga, khususnya Pemerintah Daerah dan Instansi terkait bisa semakin bersinergi bersama Basarnas dalam penyelenggaraan operasi SAR”, terang Djunaidi.

Menurutnya, keterbatasan jumlah personel yang ada di Pos SAR Selayar selama ini, tidak menyurutkan semangat Basarnas Sulsel untuk memberi layanan jasa SAR ke masyarakat membutuhkan. Baginya, bantuan dari Potensi SAR selama ini di setiap pelaksanaan operasi sangat membantu Timnya untuk melakukan pencarian dan pertolongan.

“Kita selama ini terus bersinergi dengan seluruh Potensi SAR, TNI dan Polri, serta instansi lainnya sehingga Basarnas tidak pernah merasa sendirian dalam penyelengaaraan operasi” tegas Djunaidi.

Komentar

VIDEO TERKINI